Siap Ikut Kejuaraan, Kemampuan Memanah Jokowi Sudah Mirip Atlet

Presiden Jokowi saat berlatih memanah di Pusat Pendidikan Zeni TNI AD (Pusdikzeni) Bogor, Jabar, Sabtu (14/1). (Foto: BPMI/Setpres)

Arah - Presiden Joko Widodo (Jokowi) sedang mempersiapkan diri untuk mengikuti Kejuaraan Panahan Bogor Terbuka 2017 yang digelar pekan ini, kegemaran terhadap olahraga tersebut telah dimulai sejak masih tinggal di Solo.

"Rumah Pak Presiden di Solo dekat lapangan panahan. Beliau sering melihat atletnya berlatih, sudah ada keinginan untuk belajar panahan kala itu, tetapi baru tercapai sekarang," kata Rizal Barnadi, Ketua Umum Persatuan Panahan Indonesia (Perpani) Kota Bogor, Kamis (19/1).

Rizal yang kini menjadi pelatih panahan Jokowi menyebutkan, Presiden sudah berlatih panahan sejak September 2016, setiap akhir pekan yakni Sabtu dan Minggu di Istana Bogor, didampingi tiga pelatih dari Perpani Kota Bogor.

Awal mula Presiden berminat untuk berlatih panahan datang dari putri keduanya Kahiyang Ayu yang memperlihatkan foto kejuaraan panahan yang digelar Perpani Kota Bogor di Yonif Garuda 315.

"Berawal dari situ, Presiden minta dipanggilkan pelatih, awalnya dicarikan yang profesional. Tapi, Presiden tidak mau, katanya cukup pelatih di Bogor saja. Jadi waktunya bisa fleksible dan bisa dipanggil kapan waktu," tutur Rizal mengisahkan awal mula menjadi pelatih presiden.

Baca juga:

Setahun Jadi Ibu, Revalina Masih Panikan Kalau Anak Sakit

Pada awal latihan, lanjut dia, Presiden belum memiliki perlengkapan panahan. Latihan dimulai dengan peralatan yang dipinjam dari Perpani serta milik anggota Pajajaran Archery Club yakni klub panahan asal Kota Bogor.

"Sekarang Presiden sudah memiliki alat panahan sendiri, jenis standar bow dengan jumlah anak panah selusin," ujarnya.

Menurut Rizal, setelah mengikuti sesi latihan selama empat bulan, kemampuan Jokowi dalam panahan sudah semakin terampil. Presiden berlatih setiap akhir pekan Sabtu dan Minggur, sekali latihan memakan waktu dua jam, menggunakan 60 anak panah dalam satu hari latihan.

"Kemampuan presiden cukup baik, mendekati atlet profesional, sudah menguasai teknik-teknik dalam panahan," jelasnya, seperti dikutip Antara.

Baca Juga:

Bappenas: Ada 5 Sektor yang Berpotensi Dorong Pertumbuhan Ekonomi

Ini Tanggapan Partai Gerindra Soal Fenomena Ormas

Dalam berlatih sebagai pemula, Jokowi cepat beradaptasi, dan cepat memahami peralatan panahan. Dalam dua kali sesi latihan, sudah menguasai teknik panahan. Selama berlatih, Presiden fokus berlatih dan tidak pernah membahas persoalan lain, bahkan persoalan politik sekaligus.

"Selama latihan ngobrol santai, besenda gurau, tidak pernah bahas politik, fokus latihan dan membahas panahan. Selama latihan presiden selalu serius, tidak main-main, setiap hari berlatih menggunakan 60 anak panah," katanya.

Presiden Joko Widodo menjadi salah satu peserta Kejuaraan Panahan Bogor Terbuka 2017 (Bogor Open Archery Championship) melawan 30 peserta lainnya di antaranya, Menteri Pemuda dan Olahraga, serta dua dari tiga Srikandi Panahan Indonesia yakni Nur Futriana dan Rosana.

Presiden Ikut Kejuaraan Panahan Menurut Rizal keikutsertaan Presiden dalam Kejuaraan Panahan Bogor Terbuka 2017 atas permintaannya sendiri. Setelah sebelumnya tim pelatih menginformasikan akan menggelar kejuaraan tersebut pada sesi latihan.

Tetap pantau berita terkini, hanya di arah.com

Berita Terkait:Lecehkan Bendera Negara, FPI Harus Rasakan Proses Hukum
Benarkah Pertemuan dengan Rizieq Dongkrak Elektabilitas Anies?
Pasar Senen Kebakaran, Puluhan Mobil Pemadam Dikerahkan
Ini Janji Garda Bangsa kepada Kapolri
550 Aparat Kepolisian Bantu Evakuasi Kebakaran Pasar Senen
FOTO: Pasar Senen Diamuk Si Jago Merah
FOTO: Jokowi-Prabowo, Pertemuan Dua Mantan 'Seteru'
FOTO: LRT, Menghubungkan Jakarta dan Kota Penyangga
FOTO: Menanti Laju di Atas dan di Bawah Bumi
Foto: Presiden dan Parlemen 'Rayakan' 71 Tahun HUT RI

Tags : #Jakarta #presiden jokowi #Panahan

Berita Terkait

Jokowi Ikut Lomba, Kejuaraan Panahan Bogor Direncanakan Tertutup Jokowi Ikut Lomba, Kejuaraan Panahan Bogor Direncanakan Tertutup
Kejuaraan Panahan Bogor Resmi Dimulai, Jokowi Tanding Besok Kejuaraan Panahan Bogor Resmi Dimulai, Jokowi Tanding Besok
Jokowi Terima Kunjungan SBY, Ini Komentar PDI Perjuangan Jokowi Terima Kunjungan SBY, Ini Komentar PDI Perjuangan

#Jakarta #presiden jokowi #Panahan

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar