Usaha Mikro Sedot Kredit Hampir Rp100 Triliun, Berapa yang Macet?

Ilustrasi: Tumpukan uang rupiah. (Foto: setkab.go.id)

Arah -  Perbankan nasional telah menyalurkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) pada 2016 sebesar Rp94,4 triliun. Angka itu meliputi 94,4 persen dari target alokasi pemerintah sebesar Rp100 triliun.

Hal itu terungkap dalam rapat koordinasi Komite Kebijakan Pembiayaan bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah yang dipimpin Menko Perekonomian, Darmin Nasution. "Kendati angka ini sedikit di bawah target, namun patut diapresiasi di tengah kondisi melemahnya perekonomian global," kata Darmin di Jakarta, Jumat (20/1).

Baca Juga:Main Suap Selama 25 Tahun, Rolls Royce Didenda Rp11 Triliun
Netizen Terharu Lihat Balon Terbang Dekati Ibu di Pemakaman Anaknya

Yang menggembirakan, lanjut Darmin, porsi kredit bermasalah hampir nol dari penyaluran kredit sebesar itu. Lebih tepatnya 0,37 persen. Sedangkan jumlah debitur penerima kredit, mencapai 4,4 juta.

Rapat dihadiri juga oleh Menteri BUMN Rini Soemarno, Wakil Menteri Keuangan Mardiasmo, Ketua OJK Mulyaman Hadad, dan Kepala BNP2TKI Nusron Wahid. Dalam kesempatan itu juga terungkap, Bank BRI masih menjadi penyalur KUR yang terbesar yaitu Rp69,4 triliun, disusul Bank Mandiri (Rp13,3 triliun), Bank BNI (Rp10,3 triliun). Sedangkan sisanya oleh Bank Pembangunan Daerah.

Berita Terkait:Benarkah Pertemuan dengan Rizieq Dongkrak Elektabilitas Anies?
Sulit Jangkau Titik Api, Kebakaran Pasar Senen Belum Padam
FPI Bawa Merah Putih Bertulis Bahasa Arab, MUI Merasa Disudutkan
Berang Fatwa MUI Dikriminalisasi, Din Sindir Kapolri
Soal Tudingan 'Palu Arit', Rizieq Masih Berstatus Saksi Terlapor
FOTO: Pasar Senen Diamuk Si Jago Merah
Rumitnya Meluncurkan Barang Seharga Rp3,4 Triliun

#Bank BNI #Bank BRI #Jakarta #Kredit Perbankan #Kredit Usaha Rakyat (KUR) #Bank Mandiri #Darmin Nasution #Kemenko Perekonomian

Berita Terkait

Benarkah Pertemuan dengan Rizieq Dongkrak Elektabilitas Anies? Benarkah Pertemuan dengan Rizieq Dongkrak Elektabilitas Anies?
Sulit Jangkau Titik Api, Kebakaran Pasar Senen Belum Padam Sulit Jangkau Titik Api, Kebakaran Pasar Senen Belum Padam
FPI Bawa Merah Putih Bertulis Bahasa Arab, MUI Merasa Disudutkan FPI Bawa Merah Putih Bertulis Bahasa Arab, MUI Merasa Disudutkan

#Jakarta #Bank Mandiri #Kredit Perbankan #Bank BRI #Bank BNI #Kredit Usaha Rakyat (KUR) #Kemenko Perekonomian #Darmin Nasution

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar