Menag: Waspada Sisi Negatif Zaman Globalisasi

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin. (Foto: Antara/ Puspa Perwitasari)

Arah - Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengajak seluruh komponen bangsa untuk menanggapi perkembangan globalisasi dengan bijak.

"Kita harus waspada akan sisi negatif globalisasi ini. Kita butuh ketelitian, kearifan, kebijaksanaan untuk mencerna informasi yang kita dapatkan, agar tidak terseret dalam permusuhan dan perpecahan," kata Lukman dalam keterangan tertulisnya yang diterima di Jakarta, Minggu (22/1).

Menurut dia, kemajuan teknologi informasi harus disyukuri sebagai nikmat karena memberi banyak manfaat dalam kehidupan sehari-hari.

Dia mengatakan jangan sampai kemajuan teknologi informasi justru memberi keburukan seiring kemudahannya dalam menyampaikan pesan ke khalayak, terutama berita bohong (hoax).

Baca Juga:Bantah Selewengkan Dana Bansos, Ini Penjelasan Mpok Sylvi
Dianggap Merusak NKRI, Lintas Agama di Bali Kompak Tolak FPI


Di zaman kekhalifahan Islam, kata dia, pemimpin umat Muslim dibunuh oleh orang Islam lainnya hanya karena berita hoax. Kabar palsu terkait khalifah mampu menggerakkan para pembunuh pemimpin umat Islam. Informasi yang mereka miliki terkadang palsu dan tidak dilakukan uji kebenaran informasi.

Lukman mencontohkan bagaimana Khalifah Utsman bin Affan dan Khalifah Ali bin Abi Thalib terbunuh karena berita bohong. Utsman dibunuh karena diisukan melakukan praktik KKN sedangkan Ali dibunuh karena terjadi salah paham.

Salah satu dampak dari peristiwa tersebut, kata Lukman, terjadi perbedaan pendapat terkait tafsir agama lalu berimplikasi pada perkembangan umat Islam hingga kini, baik dibidang syariah, akidah, tasawuf dan lainnya. (Antara)

Tetap pantau berita nasional terkini di indonesiahanya di arah.com

Berita Terkait:Tiru Kalsel, Sandiaga Janjikan Pasar Terapung di Kepulauan Seribu
Donald Trump Suarakan Islam Radikal, Indonesia Tak Perlu Tersudut
Stabilitas Negara Terganggu, PKS: Apa Benar karena Fatwa MUI?
Menteri Agama Batasi Diri Komentar Kasus Penistaan Agama
Menteri Agama: Demo 2 Desember Potensi Ditunggangi
FOTO: Pasar Senen Diamuk Si Jago Merah

#Jakarta #Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin #Menteri Agama #Zaman Globalisasi

Berita Terkait

Menag: Perlu Kebersamaan Selesaikan Konflik Sektarian di Sampang Menag: Perlu Kebersamaan Selesaikan Konflik Sektarian di Sampang
Beredar Viral, Video Aksi 112 ini Bikin Menteri Agama Terharu Beredar Viral, Video Aksi 112 ini Bikin Menteri Agama Terharu
Soal Aksi 112, Ini Harapan Menteri Agama Soal Aksi 112, Ini Harapan Menteri Agama

#Jakarta #Menteri Agama #Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin #Zaman Globalisasi #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar