Soal Ceramah Palu Arit, Pengacara Sebut Rizieq Hanya Mengingatkan

Pengacara Jubir Front Pembela Islam Munarman, Kapitra (arah.com/Dani Hermansyah)

Arah - Imam Besar Front Pembela Islam, Habib Rizieq Shihab menjalani pemeriksaan perdana terkait ceramahnya yang menuding adanya logo palu arit pada hologram Bank Indonesia di pecahan uang Rupiah baru, Senin (23/1).

Rizieq Shihab dianggap telah menghasut dan menyebarkan fitnah. Hal itu dianggap mampu melahirkan propaganda yang besar di tengah masyarakat. Namun kuasa hukum Rizieq, Kapitra Ampera membantah hal itu. Menurutnya, apa yang dilakukan kliennya bukanlah sebuah bentuk hasutan kepada masyarakat, namun itu adalah bentuk sebuah koreksi semata kepada pemerintah.

"Mana ada menghasut. Ini kan pemerintah. UU 28 tahun 1999 mewajibkan masyarakat untuk ikut serta sebagai penyelenggaraan negara. Yang pasal 9 mengatakan mengumpulkan informasi dan menyebarkan informasi. Harusnya akuntabilitas sebagai azas penyelenggaraan negara, harus dijawab oleh BI. Diklarifikasi. Selesai," katanya di Mapolda Metro Jaya.

"Kecuali UU konsumen, barang. Ini kan bukan barang ini negara. Masyarakat dengan negara. Negara bekerja untuk masyarakat. Masyarakat tidak bekerja untuk negara. Jadi boleh masyarakat melakukan otokritik terhadap negara."

Baca Juga:Polisi akan Tanya Ceramah Rizieq terkait Dugaan Palu Arit
Dicecar Perempuan Kristen, Habib Rizieq Malah Balik Mendoakan
Zikir Bersama, Habib Rizieq Dapat Doa dari Malaikat


Ia melanjutkan, koreksi tersebut dilakukan Rizieq karena mengingat komunisme pernah menjadi bagian masa lalu pemerintahan RI. Menurutnya, apa yang dilakukan kliennya justru akan membuat bangsa Indonesia lebih peka untuk memperhatikan seluk beluk penyebaran komunisme. "Koreksi. (Koreksi itu kenapa?) karena ada latar belakang. Ada lata belakang ada potensi ada dugaan. Ada priwtiwa sejarah yg traumatis atas suatu keadaan dan kondisi. Ada simbol-simbol yang traumatis. Dan itu yang diklarifikasi," kata dia.

Ketika ditanya kenapa Rizieq menyampaikan hal tersebut didepan umum, Kapitra dengan tegas mengatakan bahwa hal itu biasa. Menurutnya sebagai warga negara bebas untuk menyampaikan pendapat. "Ya ngga masalah. Karena sebagai warga negara boleh dong," ujarnya.

"Siapa pun masyarakat, boleh mengoreksi. Meskipun koreksi itu salah. Kewajiban negara mengklarifikasi bahwa penilaian masyarakat itu salah, kalau itu suatu kesalahan. Kalau bukan ya harus diperbaiki."

Ketika ditanya perihal apakah klien siap menjadi tersangka, Kapitra langsung enggan berkomentar banyak. "kita lihat dulu," pungkasnya.

Diketahui Jaringan Intelektual Muda Anti Fitnah (JIMAF) melaporkan Rizieq atas tudingan menyebut ada gambar palu arit di duit kertas baru pada 10 Januari 2017. Selain itu sejumlah orang yang tergabung dalam organisasi Solidaritas Merah Putih (Solmet) melaporkan Rizieq Shihab ke Polda Metro Jaya.

Rizieq dilaporkan terkait ceramah tentang gambar palu arit dalam uang baru yang diunggah ke Youtube. Laporan dibuat atas nama Firmansyah dan diterima oleh Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) Polda Metro Jaya. (Helmi Shemi)

Tetap pantau berita politikhanya di arah.com

Berita Terkait:Ini Rekayasa Lalin Hadapi 'Long March' Pendukung Rizieq
Kawal Pemeriksaan Rizieq, FPI Siap Geruduk Mapolda Metro Jaya
Rizieq Dilabeli Status Tersangka, Polri: Tinggal Nunggu Waktu!
Habib Rizieq Diperiksa Polisi, Para Ulama Beri Dukungan
Soal Tudingan 'Palu Arit', Rizieq Masih Berstatus Saksi Terlapor
FOTO: Pasar Senen Diamuk Si Jago Merah
Keren! Yuk, Intip Pameran Polisi 'Turn Back Crime'

#Jakarta #Palu Arit #Polda Metro Jaya #FPI Front Pembela Islam #Bank Indonesia Luncurkan Uang Baru #Pemeriksaan Habib Rizieq

Berita Terkait

Polisi Sebut Habib Rizieq Banyak Menyangkal Selama Pemeriksaan Polisi Sebut Habib Rizieq Banyak Menyangkal Selama Pemeriksaan
Langsung Orasi Usai Diperiksa, Gema Takbir Iringi Habib Rizieq Langsung Orasi Usai Diperiksa, Gema Takbir Iringi Habib Rizieq
Ini Rekayasa Lalin Hadapi 'Long March' Pendukung Rizieq Ini Rekayasa Lalin Hadapi 'Long March' Pendukung Rizieq

#Jakarta #Pemeriksaan Habib Rizieq #Palu Arit #Polda Metro Jaya #FPI Front Pembela Islam #Bank Indonesia Luncurkan Uang Baru

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar