Ini Upaya WWF Indonesia Hilangkan Hiu dari Menu Makan

Ilustrasi Foto Ikan Hiu. (Foto: ANTARA FOTO/Dedhez Anggara)

Arah -  Badan konservasi lingkungan WWF Indonesia terus mengajak industri makanan dan perhotelan untuk menghindari menu hiu sebagai bagian dari sajian menu santap.

Melalui informasi yang diterima Antara di Klaten, Jawa Tengah, Kamis (26/1), jaringan hotel internasional banyak yang telah melarang penyajian makanan dengan menu hiu. Dari perhitungan WWF, 18.200 properti jaringan hotel dunia sudah tidak lagi menyajikannya.

Baca Juga: Wow! Ikan Ini Terjual dengan Harga Fantastis Rp 8,5 Miliar
Langka! Seekor Ikan Terperangkap ke Dalam Tubuh Ubur-ubur

Diantaranya yang telah melaksanakannya adalah Jaringan Hongkong Shanghai Hotel, Shangri-La Hotel, Hilton dengan lebih dari 4.700 propertinya, Starwood Hotel di 1.300 jaringannya, Intercontinental Hotel Group di hampir 5.000 jaringan hotelnya, Carlson Rezidor dengan lebih dari 1.100 properti, dan Marriot International dihampir 4.500 properti hotelnya telah menyatakan larangan penyajian hiu sejak tahun 2012.

Pimpinan perlindungan hiu dari WWF Internasional Andy Cornish, mengatakan banyak hotel internasional yang telah memahami ancaman serius ekosistem laut jika masih dikonsumsi.

"Sekarang kami mengajak seluruh pihak di sektor jasa makanan yang belum mengambil tindakan serupa untuk bergabung dalam gerakan global ini dengan menghargai dan menjaga laut kita," katanya.

Ia menambahkan, ketidakseimbangan ekosistem laut yang bermula dari hilangnya hiu dalam rantai makanan akan berdampak pada manusia juga.

Catatan produksi hiu nasional menunjukan antara tahun 2000 dan 2014 cenderung mengalami penurunan sebesar 28,30 persen, (DJPT, 2016), Indonesia pada tahun 2014 masih menjadi negara produsen hiu terbesar di dunia dengan kontribusi sebesar 16,8 persen dari total tangkapan dunia.

Meski begitu, WWF Indonesia patut berbangga karena konsumsi sirip hiu di restoran yang ada di Jakarta mengalami penurunan.

“Penurunan sekitar 20,32 persen menjadi 12.622 kg sirip hiu dalam satu tahun, darisetidaknya 15.840 kg di tahun 2014," kata Andy.

Selalu update berita politik terkini dan terbaru, hanya di arah.com

Terkait:PSSI Ampuni Para Pelaku 'Sepak Bola Gajah'
'Brexit' Tak Lagi Macet, ini Kabar Baik buat Pemudik Lebaran 2017
KPK Periksa 36 Saksi Kasus Suap Klaten
Terjaring OTT, KPK Tangkap Bupati Klaten Sri Hartini
Dirut Lion Air Pastikan 68 Penumpang Wings Air Selamat
Buka Puasa di Simpang Lima,Ketum PAN Santap Gudeg dan Pesta Duren

#Aktivis World Wildlife Fund (WWF) #Klaten #sirip hiu #semarang

Berita Terkait

Jalan Nasional Rusak, Pemprov Jawa Tengah Siap Bantu Jalan Nasional Rusak, Pemprov Jawa Tengah Siap Bantu
Prabowo Angkat Suara Terkait Kisruh Freeport Prabowo Angkat Suara Terkait Kisruh Freeport
Disebut Banyak Penolakan, Acara FPI Dibubarkan Polisi Disebut Banyak Penolakan, Acara FPI Dibubarkan Polisi

#semarang #Klaten #sirip hiu #Aktivis World Wildlife Fund (WWF)

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar