Terungkap! Patrialis Akbar Ternyata Kerap Diperiksa Dewan Etik MK

Hakim MK Patrialis Akbar. (Foto: Antara)

Arah - Ketua Dewan Etik MK Abdul Mukhti Fajar mengatakan, Patrialis Akbar selaku hakim Mahkamah Konstitusi kerap diperiksa Dewan Etik terkait beberapa kasus yag menjeratnya. Bahkan, Patrialis sendiri sudah diberikan peringatan.

"Pak Patrialis beberapa kali diperiksa dewan etik. Kami juga sudah memberikan peringatan baik teguran maupun tertulis," ujar Abdul di Gedung MK, Jakarta, Kamis (26/1)

Ia melanjutkan, kasus yang menjerat Patrialis berkaitan dengan informasi pemberitaan media massa. Patrialis sudah diperiksa sebanyak dua kali. Sedangkan kasus lain yang menimpa mantan politisi Partai Amanat Nasional (PAN) itu berkaitan dengan pelaksanaan pemilihan kepala daerah serentak pada tahun 2015.

"Ada dua perkara terkait pilkada yang kami periksa. Pemeriksaan kami lakukan dengan mengundang pihak yang berperkara," sebutnya.

Baca Juga: Ketua MK Benarkan OTT Patrialis Soal Uji Materi UU Peternakan
Patrialis Akbar Ditangkap, MK Bentuk Majelis Kehormatan Mahkamah
Patrialis Akbar Diciduk KPK, DPR Desak Revisi UU MK

Seperti diketahui, dewan etik akan memeriksa dugaan pelanggaran berat yang dilakukan Patrialis. Nantinya dewan etik akan mengusulkan pembebastugasan Patrialis pada MK untuk diteruskan kepada presiden.

Sebelumnya, Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Arief Hidayat membenarkan kasus uji materi Undang-undang nomor 41 tahun 2014 tentang Peternakan dan Kesehatan Hewan yang ditangani Patrialis Akbar sebagai kasus yang menjeratnya dalam Operasi Tangkap Tangan (OTT) oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Kamis (26/1) pagi tadi.  

"Memang benar di MK ada kasus uji materi terkait UU peternakan dan kesehatan hewan, sudah sampai tahap akan dibacakan putusannya tapi belum dibacakan putusannya dan akan segera dibacakan," ujar Arief di Gedung MK, jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat. (Helmi Shemi)

Selalu update berita politik terkini dan terbaru, hanya di arah.com

Video Trending Pilihan Redaksi:

Terkait:Patrialis Akbar Kena OTT KPK, Komisi III DPR Angkat Bicara
Hakim MK Adakan Pertemuan, Bahas OTT Patrialis?
Sunyi Senyap, Begini Suasana Rumah Patrialis Akbar
KY Sebut Patrialis Akbar Coreng Profesi Hakim
Patrialis Akbar Terjaring OTT KPK? Ini Tanggapan MK
FOTO: Pasar Senen Diamuk Si Jago Merah
Marah ke Saut, HMI Lempar Batu dan Corat-Coret Gedung KPK
Ketika Penyidik Harus Diselidik
FOTO: Operasi Tangkap Tangan KPK

#Jakarta #Operasi Tangkap Tangan (OTT) #Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) #Mahkamah Konstitusi #Hakim MK #Patrialis Akbar

Berita Terkait

Hakim MK Adakan Pertemuan, Bahas OTT Patrialis? Hakim MK Adakan Pertemuan, Bahas OTT Patrialis?
KY Sebut Patrialis Akbar Coreng Profesi Hakim KY Sebut Patrialis Akbar Coreng Profesi Hakim
Patrialis Akbar Kena OTT KPK, Komisi III DPR Angkat Bicara Patrialis Akbar Kena OTT KPK, Komisi III DPR Angkat Bicara

#Jakarta #Operasi Tangkap Tangan (OTT) #Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) #Mahkamah Konstitusi #Hakim MK #Patrialis Akbar

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar