Kawanan Gajah Liar Obrak-Abrik Desa di Pidie

Gajah Depresi (Foto:afpbr)

Arah -  Kawanan gajah liar dilaporkan merusak dan mengobrak-abrik kebun warga di Gampong (desa) Tunong Keumala Dalam, Kecamatan Keumala, Kabupaten Pidie, Aceh.

Keuchik (kepala desa) Tunong Keumala Dalam Fakhruddin yang dihubungi dari Banda Aceh, Jumat(27/1), menjelaskan, gangguan gajah liar tersebut sudah terjadi sejak sepekan terakhir.

"Kawanan gajah liar ini mengobrak-abrik ladang padi masyarakat. Selain itu juga mengobrak-abrik kebun pinang, kakao, dan lainnya. Masyarakat resah gangguan gajah liar ini," ungkap Fakhruddin.

Baca Juga: Putri Michael Jackson Yakin Ayahnya Dibunuh Bukan Over Dosis
Penting, Hukum Salat Jamaah Bareng Pacar Ternyata .....




Fakhruddin membeberkan, geromolan gajah itu diperkirakan berkisar 25 ekor. Gangguan kawanan gajah ini, terang Fakhruddin, untuk kedua kali dalam rentang waktu enam bulan terakhir.

"Ada sekitar dua hektare ladang yang berada di dua titik yang diganggu kawanan gajah ini. Masyarakat mengkhawatirkan kawanan gajah liar tersebut merambah ke pemukiman pendudukan," ujarnya.

Ia menambahkan, jarak kebun dengan pemukiman penduduk kurang dari satu kilometer. Jika kawanan gajah ini tidak diusir, dikhawatirkan gangguan gajah merambah pemukiman penduduk.

Selain Gampong Tunong Keumala Dalam, sebut dia, gangguan kawanan gajah juga terjadi di Gampong Pako, desa tetangga. Namun, Fakhruddin belum mengetahui dampak gangguan kawanan gajah di desa yang disebutnya.

Saat ini, kata Fakhruddin, sedang diusahakan tim Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) untuk mengusir gajah liar tersebut. Upaya itu berupa mendatangkan beberapa ekor gajah jinak guna menggiring kawanan gajah liar agar menjauh dari ladang dan pemukiman warga.

"Kami berharap gangguan kawanan gajah liar ini segera teratasi. Akibat gangguan gajah, masyarakat tidak berani ke ladang. Padahal, ladang mata pencaharian masyarakat di gampong ini," pungkasnya.

Tetap pantau berita terkini seputar politik, hanya di arah.com

Terkait:Gajah Mengamuk Satu Orang Tewas dan Rusak Puluhan Ribu Tanaman
Brimob Bersenjata Kawal Proses Lipat Kertas Suara Pilkada
news testing for contributor (ignore) 2
Persipura Siap Tampil Pada Laga Amal Gempa Aceh
Peredaran Uang Palsu Berpotensi Meningkat, ini Pemicunya Kata BI
FOTO: Salat Jumat di Antara Robohnya Masjid Kami

#Aceh #Pidie #Gajah Mengamuk #Gajah #Banda Aceh

Berita Terkait

Wow! Aceh Ekspor Ikan Tuna 240 Ton per Bulan ke Malaysia Wow! Aceh Ekspor Ikan Tuna 240 Ton per Bulan ke Malaysia
Ilegal, SPBU Ini Utamakan Pembeli dengan Jerigen Ilegal, SPBU Ini Utamakan Pembeli dengan Jerigen
Sebulan Lebih Tersesat di Hutan, Pencari Kayu Gaharu ini Kritis Sebulan Lebih Tersesat di Hutan, Pencari Kayu Gaharu ini Kritis

#Banda Aceh #Banda Aceh #Gajah Mengamuk #Pidie #Gajah #Aceh

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar