Ternyata Ini Alasan Mengapa Pungli Merajalela...

Ilustrasi: uang suap/ korupsi. (Foto: labourpain.org)

Arah - Wali Kota (Wako) Padang, Sumatera Barat, Mahyeldi Ansharullah, mengungkapkan pola hidup yang membelanjakan uang dalam jumlah banyak adalah salah satu motif munculnya pungutan liar (pungli).

Wako Padang ini juga menjelaskan pungutan liar yang dilakukan instansi juga disebabkan dari kekurangan dalam pemenuhan kebutuhan hidup. "Dana tambahan inilah yang digunakan untuk berbelanja kebutuhan," katanya di Padang, Minggu (29/1) seperti dikutip Antara.

Jika pihak tidak bertanggungjawab di instansi melakukan pungli untuk kebutuhan tersier, maka pungli dari tukang parkir untuk kebutuhan pangan. "Kami telah membentuk Satgas pembersih pungli dan diharapkan masyarakat bisa memberikan bantuan," ujarnya.

Baca Juga: Usut Kasus Patrialis Akbar, MK Janji Akan Kooperatif dengan KPK
Polisi Tetapkan Enam Tersangka Kasus OTT Kepala Dinas Bandung

Dr Asrinaldi, pengamat politik dan pemerintahan dari Universitas Andalas Padang, mengatakan juga diperlukan pengawasan ekstra terkait tindakan pelanggaran aturan tersebut. Asrinaldi juga menekankan pengawasan tersbut dilakukan dari tingkat kelurahan hingga posisi yang lebih tinggi, terutama pungli dalam bentuk pelayanan publik.

Mahyeldi mengatakan, Tim Sapu Bersih Pungli yang telah dibentuk akan bekerja  ke semua lapisan tak hanya pemerintahan. "Semua pihak bisa saja terjaring jika masih enggan meninggalkan praktik tersebut." katanya.  (Mutia Rabbani Hanifah)

Berita politik terkini, hanya di arah.com

Video Trending Pilihan Redaksi:

Terkait:Wow, Buku 'Pantun Spontan' Karya Gubernur Sumbar
Menkopolhukam: Ada 17.600 Laporan Warga Soal Pungli
Badai Hantam Kapal Cepat Mentawai-Padang, Kaca Pecah
Banjir Mulai Surut, Pemkot Salurkan Bantuan
Sebelum Ditangkap KPK, Penyuap IG Sudah jadi Terdakwa

#konsumtif #Padang #Sumatera Barat #Tim Saber Pungli #Kasus Pungli

Berita Terkait

Rawan Bencana,Pemkot Padang Ajarkan Penanganan Bencana ke Sekolah Rawan Bencana,Pemkot Padang Ajarkan Penanganan Bencana ke Sekolah
Disiplinkan Masyarakat, Pemkot Padang Punya Mobil Siaran Keliling Disiplinkan Masyarakat, Pemkot Padang Punya Mobil Siaran Keliling
Unik, Wali Kota Ini Selalu Blusukan Jelang Solat Jumat Unik, Wali Kota Ini Selalu Blusukan Jelang Solat Jumat

#Padang #Kasus Pungli #konsumtif #Padang #Sumatera Barat #Tim Saber Pungli

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar