Agus akan Normalisasi Tanpa Penggusuran, Djarot: Tidak Mungkin!

Calon wakil gubernur DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidayat menghadiri silaturahmi Paguyuban Blitar Raya se-Jabotabek di Jakarta, Minggu (8/1). Silaturahmi yang dihadiri ratusan warga Blitar se-Jabodetabek itu dalam rangka menyambut tahun baru 2017. (Foto: Antara/Wahyu Putro A)

Arah -  l Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat mengatakan pasangan calon gubernur dan wakil gubernur DKI seharusnya memberikan pemahaman dan langkah yang konkrit tentang pembangunan Jakarta seperti normalisasi sungai.

Hal itu disampaikan untuk menanggapi pernyataan calon Gubernur DKI Jakarta nomor pemilihan satu Agus Harimurti Yudhoyono yang menyebutkan normalisasi sungai tanpa menggusur atau memindahkan hunian warga.

"Normalisasi sungai sudah bagus seperti itu kita pakai (pindahkan warga ke) rusun (rumah susun), mana mungkin kita membangun rumah di sepanjang bantaran sungai apapun sistemnya. Oleh sebab itu kasih dong pemahaman kepada warga yang masuk akal yang rasional yang bisa diterapkan bukan sekadar wacana," kata Djarot di Pasar Cikini, Kelurahan Pengangsaan, Kecamatan Menteng, Jakarta Pusat, Senin.

Djarot menuturkan belum ada solusi konkrit yang ditawarkan berdasarkan pernyataan calon lain yang menyebutkan dapat melakukan normalisasi sungai tanpa pemindahan hunian warga.

"Kalau itu ngambang banget (pernyataan tentang normalisasi tanpa pemindahan hunian warga) kalau menurut saya," ujarnya.

Padahal berdasarkan Peraturan pemerintah nomor 38 tahun 2011 tentang Sungai, tidak boleh ada pemukiman di bantaran sungai. Untuk itu, warga yang tinggal di bantaran sungai harus dipindahkan atau direlokasi.

Menurut dia, kepemimpinannya bersama Calon Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama menawarkan pemahaman pembangunan Jakarta dengan langkah konkrit dan bisa diterapkan seperti relokasi warga di bantaran sungai ke rumah susun untuk mempermudah proses normalisasi sungai.

"(Langkah konkrit) Ini yang kami tawarkan, kalau calon yang lain silakan. Karena apa? Karena mereka pasti nyerang dong petahana. Tapi ingat paslon nomor 1 dan 3 bersaing juga kan kemarin kan sama-sama (di debat pemilihan kepala daerah DKI 2017)," ujarnya. seperti dikutip antara

Sementara, menurutnya melakukan normalisasi tanpa memindahkan hunian warga merupakan hal yang tidak memungkinkan.

Sebelumnya, calon Gubernur DKI Jakarta nomor pemilihan satu Agus Harimurti Yudhoyono menjelaskan cara membangun tanpa menggusur, khususnya di kawasan bantaran kali, yakni mengubah bangunan horizontal menjadi vertikal.

"Caranya dilakukan dengan mengalokasikan lahan yang ada. Horizontal menjadi vertikal, lahan digunakan dapat menjadi hunian layak dan tidak mengganggu sungai," kata dia dalam debat kedua yang digelar KPU Provinsi DKI di Jakarta, Jumat malam.

Dia berkomitmen hunian bisa ditata tanpa menggusur semena-mena dengan membangun di lokasi yang sama agar warga hunian tidak kehilangan lapangan pekerjaan serta hak kepemilikan.

Baca Juga: Komisi III: Percuma Hakim MK Bagus Jika Sistemnya Tidak Bagus!
DPR RI: Kebijakan Trump Timbulkan Keresahan Umat Islam di Dunia

Dengan meremajakan kampung dan tidak mencabut dari habitat aslinya, kata dia, status dan martabat warga terjaga.

"Masyarakat mau bergeser sedikit bukan menggusur hunian. Dengan cara seperti itu tidak kehilangan kepemilikan. Status dan mertabat terjaga," kata Agus.

Berita politik terkini, hanya di arah.com

Terkait:Apa Sajakah Visi- Misi Ahok-Djarot?
Djarot Tinjau Pasar Senen, ini Reaksi Tak Terduga Pedagang
Djarot Maafkan Tukang Bubur yang Mengadang Kampanyenya
Djarot: Yusril Itu Bisa Bantu Ahok Dalam Kasus Penistaan Agama
Djarot Bantah Jika Tukang Bubur Menghadangnya Di Lokasi Ketiga
Deretan Tersangka Penyuap Patrialis Akbar
FOTO: Pasar Senen Diamuk Si Jago Merah

#Agus Harimurti Yudhoyono #Jakarta #normalisasi sungai #Pilkada DKI Jakarta 2017 #Penggusuran #Djarot Saiful Hidayat #Calon Wakil Gubernur

Berita Terkait

Unggul Quick Count, Djarot: Ini Untuk Warga Jakarta Unggul Quick Count, Djarot: Ini Untuk Warga Jakarta
Wilayah Penjaringan Bakal Digusur? Begini Komentar Djarot Wilayah Penjaringan Bakal Digusur? Begini Komentar Djarot
Setelah Ahok, Kini Giliran Djarot yang Nonton Film Bid'ah Cinta Setelah Ahok, Kini Giliran Djarot yang Nonton Film Bid'ah Cinta

#Jakarta #Pilkada DKI Jakarta 2017 #Calon Wakil Gubernur #Djarot Saiful Hidayat #Agus Harimurti Yudhoyono #normalisasi sungai #Penggusuran

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar