Penggusuran Pasar Ikan, Komnas HAM akan Surati Pemprov

Korban penggusuran Pasar Ikan mengadu ke DPRD DKI Jakarta, Senin (18/4/2016).

Arah - Ketua tim advokasi korban penggusuran Kampung Akuarium, Pasar Ikan, Penjaringan, Jakarta Utara, Sunandi mengatakan dirinya sudah meminta perlindungan hukum kepada Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (HAM) pada saat penggusuran berlangsung.

"Setelah kami laporkan, komisioner Komnas HAM turun langsung melihat lokasi. Komnas HAM cerita kalau itu lebih dahsyat dari yang namanya tsunami di Aceh," ujar Nandi saat menggelar konferensi pers di Gedung DPRD DKI, Senin (18/4/2016).

Sunandi pun sudah mengambil langkah terkait kepemilikan tanah di Pasar Ikan. Dia siap meminta kompensasi untuk warga korban penggusuran.

"Kalau gunti rugi pasti ya dalam bentuk apalah. Yang pasti Pemprov DKI harus mengganti terhadap rumah-rumah yang sudah diratakan, kalau Pemprov nggak punya duit, itu nggak mungkin, apalagi sosialisasi ke bawah gak ada," kata Sunandi.

Dirinya juga heran dengan sikap pemerintah setempat yang mempersulit warga untuk penjelasan setelah menerima surat peringatan.

"Waktu warga menerima SP 1 mereka bingung tanya ke kelurahan, kecamatan dibilang ke walikota mereka bilang ke pusat, warga dengan kondiisi ini panik harus bertanya kemana lagi," ungkap Sunandi.

Sementara itu diungkapkannya pula warga Pasar Ikan sudah menguasakan kasus ini kepada HAMI dan datang ke Komisi III sesuai dengan yang dijadwalkan.

"Komnas HAM akan mengirim surat ke Pemda DKI untuk dimediasi dengan warga semoga ini ada titik terang. Kami akan terus menempuh langkah hukum sampai ini legal," tutup Nandi.

Beberapa perwakilan Luar Batang mendatangi DPRD DKI dengan kuasa hukumnya HAMI, juga terlihat aktivis HAM, Ratna Sarumpaet yang diterima Ketua DPRD Prasetio Edi Marsudi. (Helmi Shemi)

Berita Terkait

Sebanyak 310 KK Warga Pasar Ikan Sudah Pegang Kunci Rusun Sebanyak 310 KK Warga Pasar Ikan Sudah Pegang Kunci Rusun
Ahok: Ini Tanah Siapa? Lihat Dong Sejarahnya! Ahok: Ini Tanah Siapa? Lihat Dong Sejarahnya!
Ketua DPRD DKI: Relokasi Warga Pasar Ikan Keterlaluan Ketua DPRD DKI: Relokasi Warga Pasar Ikan Keterlaluan

#Penggusuran Pasar Ikan #Pasar ikan #Korban Penggusuran #Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar