Pemulangan Samadikun Hartono Tunggu Itikad Baik Tiongkok

Daftar Buronan Bantuan Likuiditas Bank Indonesia

Arah -  Pemerintah Indonesia dan China saat ini sedang memproses pemulangan buron kasus Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (BLBI) Samadikun Hartono dari China ke Indonesia, kata Jaksa Agung RI Prasetyo di Jakarta, Senin.

"Persoalannya sekarang proses pemulangan yang harus dibahas lebih intensif dengan mereka (Pemerintah China). Dan harus dikatakan bahwa menangkap buron di negara sendiri dan negara asing kan berbeda," kata Prasetyo usai menghadap Wakil Presiden Jusuf Kalla di Kantor Wapres Jakarta.

Dilansir dari Antara, Jaksa Agung menjelaskan teknis proses pemulangan buron BLBI Samadikun tersebut dijelaskan setelah kesepakatan pemulangan dengan Pemerintah China tercapai.

"Kami meminta buron warga negara kita yang melakukan kejahatan di Indonesia dan sekarang ketemu di luar negeri, di China. Dan kami berharap mereka memiliki itikad baik untuk menyerahkan ke kita," jelasnya.

Sementara itu, Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Sutiyoso mengatakan pemulangan buron kasus Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (BLBI) Samadikun Hartono akan mengikuti mekanisme yang berlaku internasional.

"Nanti pemulangannya berdasar mekanimse internasional dan hukum China," kata Sutiyoso kepada wartawan di Berlin, Minggu malam waktu Jerman atau Senin pagi WIB.

Ia menyebutkan Kemenlu akan berperan dalam upaya pemulangan Samadikun dengan berkoordinasi Pemerintah China.

"Ini perlu waktu tapi sudah 'under control'," katanya menanggapi pertanyaan kapan Samadikun akan dipulangkan ke Indonesia

Berita Terkait

#koruptor blbi #pengemplang blbi #BLBI #samadikun hartono

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar