Di Pulau Ini, Harga Elpiji 3kg per Tabung Dua Kali Lebih Mahal

Ilustrasi: Pekerja menata tabung gas elipiji ukuran tiga kilogram di salah satu agen LPG Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, Senin (23/5). Himpunan Swasta Nasional Minyak dan Gas (Hiswana Migas) Wilayah Priangan Timur, Jawa Barat, menambah pasokan 500 persen gas elpiji menjelang Bulan Ramadan dan Idul Fitri, dari biasanya perhari mendistribusikan 160 Loading Order (LO), dimana setiap satu LO ada 560 tabung elpiji tiga kilogram. (ANTARA FOTO/Adeng Bustomi)

Arah -  Harga gas elpiji 3kg di Kecamatan Ponelo Kepulauan di Kabupaten Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo mencapai Rp30.000/tabung.

Kepala Bagian Perekonomian dan Sumber Daya Alam (SDA) Sekretariat Daerah setempat, Ahyun Blongkod, Jumat (3/2) di Gorontalo, membenarkan bahwa dua wilayah kepulauan tersebut yakni Ponelo di Kecamatan Ponelo Kepulauan dan Pulau Dudepo di Kecamatan Anggrek.

Penyebab tingginya gas elpiji di dua pulau tersebut dikarenakan tidak ada pangkalan khusus dan pendistribusian yang terbatas. Pendistribusian dilakukan dengan perahu motor dan hanya dapat mengakut 20 tabung sekali jalan.

Baca Juga: Usaha Mikro Sedot Kredit Hampir Rp100 Triliun, Berapa yang Macet?
Putus Terlindas Mobil, Kaki Kucing ini Gunakan Sistem Elektronis

Ahyun menambahkan, tidak ada pangkalan di wilayah kepulauan juga memicu kelangkaan gas elpiji bersubsidi ini di wilayah terdekat yait Kecamatan Anggrek dan Kwandang.

Maka, kata Ahyun, pemerintah daerah mengharapkan pemerintah provinsi dan pihak Pertamina untuk membuka pangkalan khusus di dua pulau tersebut agar bisa mengakomodir kebutuhan masyarakat terhadap bahan bakar.

Dua distributor daerah ini salurkan 2.457 metrik ton per bulan. Didistribusikan dua kali dalam seminggu untuk 32 pangkalan di 10 kecamatan dari 11 kecamatan yang ada.

Dia menambahkan, rencana akan didistribusikannya tabung gas ukuran 5kg di daerah ini diharapkan mampu atas kelangkaan bahan bakar.

Terkait:Belasan Ribu Surat Suara Pilkada Gorontalo Rusak
Awas! Longsor Gorontalo Ancam Keselamatan Pengendara
2017 NTT Belum Terdistribusi Gas Elpiji Bersubsidi
Hati-hati! Gas Elpiji Dioplos Air Semakin 'Menjamur'
Panwaslu Gorontalo Periksa Hana Hasanah Fadel Muhammad

#Gas elpiji 3 kg #Gorontalo #Gorontalo Utara

Berita Terkait

Belasan Ribu Surat Suara Pilkada Gorontalo Rusak Belasan Ribu Surat Suara Pilkada Gorontalo Rusak
Awas! Longsor Gorontalo Ancam Keselamatan Pengendara Awas! Longsor Gorontalo Ancam Keselamatan Pengendara
2017 NTT Belum Terdistribusi Gas Elpiji Bersubsidi 2017 NTT Belum Terdistribusi Gas Elpiji Bersubsidi

#Gorontalo #Gas elpiji 3 kg #Gorontalo #Gorontalo Utara

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar