Nilai Tukar Petani Lampung Turun, Ini Rinciannya

Ilustrasi Petani Buah Labu. (Foto: ANTARA FOTO/Dedhez Anggara)

Arah - Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Lampung ungkapkan turunnya nilai tukar petani (NTP) secara gabungan sebesar 0,16 persen di daerah Lampung selama Januari 2017.

"Penurunan NTP karena pada periode itu hampir semua komoditas mengalami penurunan harga, kecuali pada komoditas perikanan budi daya," kata Kepala BPS Provinsi Lampung Yeane Irmaningrum, di Bandarlampung, Sabtu (4/2).

Beberapa harga komoditas yang turun antara lain sayuran, buah-buahan, beberapa tananam perkebunan, beberapa jenis perikanan tangkap, dan perikanan budi daya. Subsektor tanaman pangan dan peternakan tidak mengalami penurunan. Bahkan subsektor tanaman pangan alami kenaikan NTP sebesar 0,58 persen dan pada subsektor peternakan naik 0,15 persen

Penurunan NTP terjadi di subsektor tanaman perkebunan rakyat turun 0,45 persen, subsektor perikanan tangkap turun 0,45 persen, dan subsektor perikanan budi daya turun 0,18 persen

Baca Juga: Tendangan Jokowi Saat Buka Turnamen Piala Presiden 2017
Wajah Hijabers Amerika Jadi Simbol Aksi Protes Donald Trump

Pada 2017, NTP Provinsi Lampung untuk masing-masing subsektor tercatat sebesar 100,90 untuk subsektor padi dan palawija (NTP-P), dan 99,90 untuk subsektor hortikultura (NTP-H),105,49 untuk subsektor tanaman perkebunan rakyat (NTP-Pr), 114,95 untuk subsektor Peternakan (NTP-Pt), 108,68 untuk subsektor perikanan tangkap, dan 94,07 untuk subsektor perikanan budi daya.

"Sedangkan NTP Provinsi Lampung tercatat sebesar 104,96," tambah Yeane lagi.

Dari 33 provinsi, jelas Yeane, diamati perkembangan harga pada Januari 2017. Terdapat 10 provinsi alami kenaikan NTP dan 23 provinsi lainnya mengalami penurunan. Provinsi yang mengalami kenaikan NTP tertinggi terdapat di Provinsi Riau dengan peningkatan sebesar 0,69 persen. Sedangkan Provinsi Sulawesi Selatan mengamali penurunan NTP terbesar sebesar 1,70 persen. (Mutia Rabbani Hanifah)

Video Trending Pilihan Redaksi:

Terkait:Heboh! Ribuan Warga Unjuk Rasa Meminta Pembebasan Lahan
Akan Ada ‘Islamic Centre’ di Lampung Tengah
Petani Bawang Mengeluh Terkena Hama
Presiden: Aplikasi Fintech Harus Bantu Petani dan Nelayan
Cerdas! Begini Cara Petani Bali Cegah Kerugian

#Badan Pusat Statistik (BPS) #Petani #Lampung

Berita Terkait

Heboh! Ribuan Warga Unjuk Rasa Meminta Pembebasan Lahan Heboh! Ribuan Warga Unjuk Rasa Meminta Pembebasan Lahan
Akan Ada ‘Islamic Centre’ di Lampung Tengah Akan Ada ‘Islamic Centre’ di Lampung Tengah
Petani Bawang Mengeluh Terkena Hama Petani Bawang Mengeluh Terkena Hama

#Lampung #Petani #Badan Pusat Statistik (BPS)

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar