Kurangi Kemiskinan, Pemprov Lampung Bentuk Program 'Gerbang Desa'

Ilustrasi Kemiskinan di Indonesia. (Foto: ANTARA FOTO/ Rahmad)

Arah - Melalui Program "Gerbang Desa", Kabupaten Waykanan terima bantuan dari Pemerintah Provinsi Lampung untuk membangun 19 kampung.

Wakil Bupati Waykanan Edward Antony, di Blambangan Umpu, Waykanan, Minggu (5/2), mengatakan program pembangunan ini diharapkan mengurangi kemiskinan di Waykanan. Selain itu, diharapkan juga dapat menumbuhkan kreativitas pada masyarakat melalui bantuan program ini.

"Program ini sangat bagus dan diberikan oleh Pemerintah Provinsi Lampung kepada Kabupaten Waykanan, apalagi tahun 2017 ini ditargetkan 19 kampung yang akan mendapatkan bantuan dari Program Gerakan Membangun Desa Saburai atau Gerbang Desa," kata Edward.

Bantuan yang diberikan guna pembangunan irigasi persawahan, pemeliharaan jalan kampung, sumur bor, MCK, puskesmas pembantu (pustu), dan lainnya. Program yang telah ada dari tahun 2015 ini telah membuahkan hasil. Diantaranya adalah Kampung Sumamukti dari Kecamatan Waytuba, dan kini masyarakatnya mandiri dengan perputaran roda ekonomi yang sudah meningkat.

Baca Juga: Kapolda Jabar Sindir Rizieq Shihab Ketakutan
Tendangan Jokowi Saat Buka Turnamen Piala Presiden 2017

"Di Kampung Sumamukti telah mengikuti lomba kesra, dan lomba kampung Keluarga Berencana tingkat provinsi walaupun belum menang, tetapi saya bangga karena sudah ada binaan dari pemerintah provinsi melalui Gerbang Desa telah mengikuti lomba tingkat Provinsi Lampung," ujarnya.

Pemkab Waykanan sangat terbantu dengan adanya Program “Gerbang Desa Ini”. Sebabnya adalah program tersebut dikelola langsung oleh masyarakat.

"Program Gerbang Desa berbeda dengan ADD (Alokasi Dana Desa), mengingat Gerbang Desa dananya dari APBD provinsi dan ADD dari pemerintah pusat," ujar Edward yang juga mantan Asisten III Setdakab Waykanan itu.

Menurutnya, masih banyak kampung yang harus diperbaiki infrastrukturnya.  Maka ia harapkan Pemprov Lampung bisa memberikan kepada 30 hingga 50 kampung di Kabupaten Waykanan sampai 2021 nanti.  (Mutia Rabbani Hanifah)

Terkait:Perempuan di Negara Ini Perangi Kemiskinan dengan Lebah
Ketua MPR: Hanya dengan Sekolah, Kemiskinan Terputus
Atasi Kemiskinan, Tangerang Gelontorkan 70 Persen Anggaran
Akan Ada ‘Islamic Centre’ di Lampung Tengah
Heboh! Ribuan Warga Unjuk Rasa Meminta Pembebasan Lahan

#Kemiskinan #Lampung #Pengentasan Kemiskinan

Berita Terkait

Perempuan di Negara Ini Perangi Kemiskinan dengan Lebah Perempuan di Negara Ini Perangi Kemiskinan dengan Lebah
Ketua MPR: Hanya dengan Sekolah, Kemiskinan Terputus Ketua MPR: Hanya dengan Sekolah, Kemiskinan Terputus
Atasi Kemiskinan, Tangerang Gelontorkan 70 Persen Anggaran Atasi Kemiskinan, Tangerang Gelontorkan 70 Persen Anggaran

#Lampung #Kemiskinan #Lampung #Pengentasan Kemiskinan

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar