Sulawesi Selatan Targetkan 376 BUMDes Pada 2017

Seorang pembuat kapal Phinisi sedang melakukan pekerjaannya di Desa Tanah Lemo, Kecamatan Bonto Bahari, Bulukumba, Sulawesi Selatan. Daerah ini terkenal sebagai sentra pembuatan kapal Phinisi di tanah air yang sudah termasyhur hingga ke mancanegara, Eropa bahkan Afrika. (ANTARA FOTO/Abriawan Abhe)

Arah -Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Sulawesi Selatan menargetkan penambahan 376 Badan Usaha Milik Desa pada 2017.

"Jumlah BUMDes yang terbentuk di Sulsel saat ini baru sekitar 600 unit, targetnya tahun ini ada 376 BUMDes baru," ungkap Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Sulawesi Selatan Mustari Soba di Makassar, Rabu (8/2).

Dalam Pemaparan Program Prioritas SKPD Lingkup Pemprov Sulsel Mustari mengatakan, akan terus mendorong setiap desa memiliki BUMDes, hal ini dimaksudkan untuk memudahkan bantuan dari pemerintah pusat.

Baca Juga: Usaha Mikro Sedot Kredit Hampir Rp100 Triliun, Berapa yang Macet?
Hore, Latihan Try Out Ujian Nasional Bisa Secara Online, Gratis




"BUMDes kami dorong karena sejauh ini baru dua kabupaten yang seluruh desanya telah memiliki BUMDes yaitu Kabupaten Bantaeng dan Barru," imbuhnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan Dinas PMD telah menyiapkan sembilan program prioritas yang akan dilaksanakan tahun 2017 ini. Program-program tersebut dimaksudkan untuk mendorong dan mempercepat pembangunan di desa.

"Target kami pada program peningkatan keberdayaan masyarakat pedesaan adalah 3.430 Rumah Tangga Miskin atau RTM," terangnya.

Mustari menegaskan, berdasarkan Undang-undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa, pembangunan perdesaan diarahkan untuk mengurangi kemiskinan dan kerentanan ekonomi di perdesaan dan memenuhi standar pelayanan minimum khususnya di desa-desa tertinggal.

Selain itu, untuk meningkatkan keberdayaan masyarakat perdesaan, penguatan tata kelola pemerintahan desa yang baik, dan mewujudkan desa berkelanjutan yang berbasis pada potensi sumber daya sosial budaya lokal dan daerah melalui laboratorium lapang pemberdayaan masyarakat dan desa.

"Desa-desa di Sulsel harus memaksimalkan seluruh potensi yang mereka miliki," tandas Mustari.

Terkait:PSM Makassar Siap Tempur di Piala Presiden 2017
Wow! Kuliner Makassar Dikagumi Petinggi Madrid
Melukis Bersama Masyarakat, F8 Usung Tema 'The Pride of Makassar'
Cuaca Buruk, Nelayan Pulau Kadatua Tak Berani Melaut
PSM Makassar Pastikan Tidak Tampil di Piala Presiden 2017
Haru Biru Sambut Pasukan Garuda Tiba di Tanah Air

#Badan Usaha Milik Desa #Makassar

Berita Terkait

PSM Makassar Siap Tempur di Piala Presiden 2017 PSM Makassar Siap Tempur di Piala Presiden 2017
Wow! Kuliner Makassar Dikagumi Petinggi Madrid Wow! Kuliner Makassar Dikagumi Petinggi Madrid
Melukis Bersama Masyarakat, F8 Usung Tema 'The Pride of Makassar' Melukis Bersama Masyarakat, F8 Usung Tema 'The Pride of Makassar'

#Makassar #Badan Usaha Milik Desa #Makassar

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar