PBB Apresiasi Pembicaraan Damai Konflik Kolombia

Ilustrasi tentara pemerintah (Foter.com/Hans_Martin)

Arah -  Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres pada Rabu (8/2) menyambut baik pembicaraan damai antara Pemerintah Kolombia dan kelompok gerilyawan Tentara Pembebasan Nasional (ELN) di Quito, Ibu Kota Ekuador.

ELN sendiri merupakan oposisi terbesar kedua setelah FARC. Pemerintah Kolombia mengupayakan kesepakatan seperti yang dicapai tahun lalu dengan Angkatan Bersenjata Revolusioner Kolombia (FARC), guna mengakhiri konflik lima-dasawarsa di negeri itu.

Juru Bicara PBB Stephane Dujarric menegaskan bahwa penyelesaian konflik tersebut dilatar-belakangi untuk mencapai perdamaian menyeluruh di Kolombia. Upaya damai juga dimaksudkan menyelamatkan nyawa dan bergerak maju ke arah pembangunan berkelanjutan di seluruh negeri.

"Sekretaris Jenderal memperhatikan komitmen semua pihak untuk mendengarkan suara masyarakat yang terpengaruh oleh konflik," ungkap Dujarric dalam pernyataan, sebagaimana dikutip Xinhua, Kamis.

Baca Juga: Astaga!!! Sidak Ke Lapas Sukamiskin, Ini yang Ditemukan Ombudsman
GNPF-MUI Tegaskan Tak Ada Niat Gulingkan Pemerintahan




Sekretaris Jenderal PBB tidak lupa mengapresiasi Pemerintah Brazil, Chile, Kuba, Ekuador, Norwegia dan Venezuela atas komitmen mereka sebagai penjamin, serta negara yang menyertai dan mendukung proses damai itu.

Sebelumnya pemerintah Kolombia dan ELN memulai pembicaraan resmi mereka pada Selasa(7/2). Sedangkan pembicaraan itu ingin mengakhiri lima dasawarsa pertikaian.

Dalam upacara itu dihadiri wakil dari semua negara pendukung perdamaian, diantaranya Norwegia, Chile, Kuba, Brazil dan Venezuela. Dihadiri pula sebanyak 150 tamu kehormatan dan 60 utusan media nasional maupun internasional.

Upaya damai tersebut lantaran adanya kenyataan Pemerintah Kolombi belum lama ini menyelesaikan kesepakatan perdamaian dengan kelompok pemberontak terbesar di Kolombia, FARC –prosesnya sendiri sudah sampai pelucutan senjata.




Terkait:Rusia dan Tiongkok Tolak Usulan Gencatan Senjata PBB di Aleppo
Jelang Debat Cagub DKI, Ini yang Jadi Fokus Anies Baswedan
Ini Janji Garda Bangsa kepada Kapolri
Mengharukan, Suami Istri Ini Tinggal Di Selokan Selama 22 Tahun
Fadli Zon Bicarakan Pemimpin Karbitan, Sindiran untuk Jokowi?
FOTO: Luis Suarez Pahlawan Sekaligus Pesakitan
Janji Manis Djarot di Kampung Ambon
Deretan Tersangka Penyuap Patrialis Akbar
FOTO: Cerita di Balik Abyab Binsari, Gua Jepang di Pulau Biak
SBY: Penyadapan Bentuk Kejahatan Serius

#Jakarta #konflik #Sekjen PBB #PBB #Dewan Keamanan PBB #Kolombia #Markas PBB

Berita Terkait

Rusia dan Tiongkok Tolak Usulan Gencatan Senjata PBB di Aleppo Rusia dan Tiongkok Tolak Usulan Gencatan Senjata PBB di Aleppo
Jelang Debat Cagub DKI, Ini yang Jadi Fokus Anies Baswedan Jelang Debat Cagub DKI, Ini yang Jadi Fokus Anies Baswedan
Ini Janji Garda Bangsa kepada Kapolri Ini Janji Garda Bangsa kepada Kapolri

#Jakarta #Kolombia #konflik #Markas PBB #Dewan Keamanan PBB #PBB #Sekjen PBB

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar