Soal Aksi 112, Ini Harapan Menteri Agama

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin. (Foto: Antara/ Puspa Perwitasari)

Arah -  Pemerintah menghargai keputusan bahwa dalam aksi 11 Februari 2017 (112) di Jakarta tidak akan ada long march, kata Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin.

"Karena long march itu memang rawan, bisa disusupi banyak kepentingan. Jadi itu (long march. red.) ditiadakan," katanya di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Purwokerto, Jawa Tengah, Jumat, seusai menyampaikan orasi budaya dan agama yang dilanjutkan dengan peresmian Perpustakaan IAIN Purwokerto-Pusat Dokumentasi Pemikiran Kebudayaan Nusantara.

Selain itu, dia mengaku mendengar bahwa peserta aksi 112 akan berkumpul di Masjid Istiqlal untuk melakukan zikir, pembacaan doa, dan tidak melakukan orasi-orasi yang bisa menimbulkan keresahan di antara jamaah yang berbeda-beda paham keagamaannya maupun aspirasi politiknya.

"Mudah-mudahan besok itu (aksi 112) berjalan dengan baik sebagaimana yang dijanjikan bahwa mereka hanya akan melakukan doa-doa bersama, zikir bersama," katanya dikutip antara.

Baca Juga: Ini Sikap 'Kuda-kuda' Fadli Zon Hadang Kecurangan Pilkada
Jelang Debat Terahir, Ini yang Diberikan SBY ke Agus-Sylvi

Disinggung mengenai imbauan kepada peserta aksi, Lukman mengatakan hal itu sudah disampaikan oleh sejumlah tokoh.

"Saya pikir sudah jelas ya, imbauan dari K.H. Maruf Amin selaku Ketua Umum MUI dan Rais Aam PBNU, lalu Pak Haedar Nashir selaku Ketua Umum Muhammadiyah. Itu jelas mengatakan tidak perlu mengerahkan massa ke Jakarta untuk hal seperti itu, cukup berdoa di tempat masing-masing," katanya.

Sebelumnya, aksi berupa doa bersama dan berjalan kaki sepanjang Jalan MH Thamrin, Jakarta, akan digelar pada 11 Februari namun akhir diputuskan hanya untuk diisi doa bersama di Masjid Istiqlal.

Aksi tersebut digelar bertepatan dengan hari terakhir kampanye sebelum pelaksanaan pemungutan suara pada 15 Februari. 

Terkait:Menag: Waspada Sisi Negatif Zaman Globalisasi
Potensi Ganggu Kamtibmas, Polda Metro Tak Keluarkan Izin Aksi 112
Pencoretan Merah Putih, Polisi Ringkus Seorang Terduga Pelaku
Polisi Sebut Habib Rizieq Banyak Menyangkal Selama Pemeriksaan
Kawal Pemeriksaan Rizieq, FPI Siap Geruduk Mapolda Metro Jaya
Keren, Ini Klub Bola yang Punya Stadion Ramah Lingkungan
Seniman Grafiti '281 Antinuke' Luncurkan Stiker Protes Trump
Deretan Tersangka Penyuap Patrialis Akbar
FOTO: Cerita di Balik Abyab Binsari, Gua Jepang di Pulau Biak
SBY: Penyadapan Bentuk Kejahatan Serius

#Forum Umat Islam (FUI) #Jakarta #FPI Front Pembela Islam #Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin #Menteri Agama #Aksi Bela Ulama #Aksi 112

Berita Terkait

Menag: Waspada Sisi Negatif Zaman Globalisasi Menag: Waspada Sisi Negatif Zaman Globalisasi
Potensi Ganggu Kamtibmas, Polda Metro Tak Keluarkan Izin Aksi 112 Potensi Ganggu Kamtibmas, Polda Metro Tak Keluarkan Izin Aksi 112
Pencoretan Merah Putih, Polisi Ringkus Seorang Terduga Pelaku Pencoretan Merah Putih, Polisi Ringkus Seorang Terduga Pelaku

#Jakarta #Menteri Agama #Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin #Forum Umat Islam (FUI) #FPI Front Pembela Islam #Aksi 112 #Aksi Bela Ulama

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar