Ini Dia Peraturan Baru Bagi Ibu Hamil Saat Naik Kereta

Sejumlah pemudik kereta api saat akan masuk kedalam kereta api Serello di stasiun Kertapati, Palembang, Jumat (24/6). PT KAI Divre III Palembang mengatakan tiket kereta api tujuan Palembang-Lampung dan Palembang-Lubuk Linggau sejak H-10 hingga H+10 telah habis terjual. (Foto: Antara/Nova Wahyudi)

Arah -  Perseroan Terbatas Kereta Api Indonesia memberlakukan katentuan khusus bagi ibu hamil yang akan menggunakan jasa kereta api, kata Manajer Humas PT KAI Daerah Operasi 5 Purwokerto Ixfan Hendriwintoko.

"Hal ini dalam rangka peningkatan pelayanan serta memberikan kenyamanan kepada penumpang kereta api khususnya ibu hamil," katanya di Purwokerto, Jawa Tengah, Minggu.

Berdasarkan telegram dari Kantor Pusat PT KAI (Persero) yang diterima PT KAI Daop 5 Purwokerto pada hari Jumat (10/2) pukul 18.00 WIB, ibu hamil yang diperbolehkan naik KA jarak jauh jika usia kehamilan 14 s.d. 28 minggu.

Jika usia kehamilannya kurang dari 14 minggu atau lebih dari 28 minggu, kata dia, ibu hamil tersebut wajib melampirkan surat keterangan dari dokter kandungan atau bidan yang menyatakan usia kehamilan pada saat pemeriksaan, kandungan ibu dalam keadaan sehat, dan tidak ada kelainan kandungan.

Selain itu, lanjut dia, ibu hamil tersebut wajib didampingi oleh minimal satu orang pendamping.

"Apabila kedapatan calon penumpang ibu hamil yang menyimpang dari ketentuan-ketentuan tersebut saat melakukan proses 'boarding', calon penumpang diizinkan melanjutkan perjalanan dengan syarat wajib melakukan pemeriksaan di pos kesehatan stasiun dan membuat surat pernyataan pertanggungan risiko bahwa perusahaan, dalam hal ini PT KAI (Persero), dibebaskan dari pertanggungjawaban jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan selama dalam perjalanan," katanya. seperti dikutip antara

Baca Juga: Ini Kesan Pengantin Katedral yang Dikawal Peserta Aksi 112
Wah, Warga Korea Antusias Belajar Alat Musik Gamelan Jawa

Apabila hasil pemeriksaan petugas pos kesehatan menyatakan bahwa penumpang tersebut tidak direkomendasikan untuk perjalanan jarak jauh, tiket atau "boarding pass" penumpang yang bersangkutan dapat dibatalkan secara manual dan bea tiket dikembalikan secara tunai sebesar 100 persen di luar bea pemesanan.

Sementara itu, bagi calon penumpang yang mendampingi ibu hamil jika menghendaki tidak melanjutkan perjalanan, tiket atau "boarding pass" dibatalkan secara manual dan bea tiket dikembalikan secara tunai sebesar 100 persen di luar bea pemesanan.

"Apabila kedapatan penumpang ibu hamil di atas KA yang menyimpang dari ketentuan-ketentuan tersebut, penumpang yang bersangkutan wajib membuat surat pernyataan yang menyatakan bahwa dia sanggup melakukan perjalanan KA jarak jauh dan segala risiko menjadi tanggung jawab penumpang," tegasnya Dalam formulir pemesanan tiket, ketentuan pemesanan tiket yang terdapat di kanal eksternal, dan laman pemesanan tiket kereta api wajib menyertakan aturan tentang ibu hamil yang diperbolehkan naik KA jarak jauh.

Terkait:Bantah Selewengkan Dana Bansos, Ini Penjelasan Mpok Sylvi
Ini Langkah MUI Memediasi Perseteruan Megawati dan Habib Rizieq
Fadli Zon Bicarakan Pemimpin Karbitan, Sindiran untuk Jokowi?
550 Aparat Kepolisian Bantu Evakuasi Kebakaran Pasar Senen
Ulama dan Ormas Deklarasi Dukung Habib Rizeq
Keren, Ini Klub Bola yang Punya Stadion Ramah Lingkungan
Seniman Grafiti '281 Antinuke' Luncurkan Stiker Protes Trump
Deretan Tersangka Penyuap Patrialis Akbar
FOTO: Cerita di Balik Abyab Binsari, Gua Jepang di Pulau Biak
SBY: Penyadapan Bentuk Kejahatan Serius

#Jakarta #PT Kereta Api Indonesia (KAI) #ibu hamil #peraturan

Berita Terkait

Bantah Selewengkan Dana Bansos, Ini Penjelasan Mpok Sylvi Bantah Selewengkan Dana Bansos, Ini Penjelasan Mpok Sylvi
Ini Langkah MUI Memediasi Perseteruan Megawati dan Habib Rizieq Ini Langkah MUI Memediasi Perseteruan Megawati dan Habib Rizieq
Fadli Zon Bicarakan Pemimpin Karbitan, Sindiran untuk Jokowi? Fadli Zon Bicarakan Pemimpin Karbitan, Sindiran untuk Jokowi?

#Jakarta #PT Kereta Api Indonesia (KAI) #ibu hamil #peraturan

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar