Duh, Lahan Terbakar yang Sudah Dipadamkan Ternyata Malah Menyebar

Ilustrasi Pemadaman Kebakaran Hutan. (Foto: ANTARA FOTO/ Rony Muharman)

Arah - Kebakaran lahan yang terjadi di wilayah Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, juga mengakibatkan pohon karet milik warga terbakar.

Lahan yang terbakar sebelumnya telah dipadamkan, namun ternyata terus meluas dan merambat ke kebun karet milik warga karena banyaknya semak yang mengering.

"Sebelumnya pada Jumat (10/2) kebakaran lahan tersebut telah dipadamkan, namun pada Minggu (12/2) pagi api kembali berkobar dan membakar 3.000 lebih pohon karetmilik warga setempat," ucap Jhonaidy, salah seorang warga Desa Sungai Ubar Mandiri, Kecamatan Cempaga Hulu, Kotawaringin Timur, Minggu (12/2).

Jhonaidy yang juga salah satu pemilik kebun karet mengatakan, kebakaran lahan yang meluas itu tidak hanya karena semak yang mengering. Faktor angin kencang juga membuat kobaran api cepat membesar. Kondisi seperti itu menyulitkan warga memadamkannya.

“Sudah sepekan lebih di wilayah kami tidak diguyur hujan, sehingga banyak lahan yang kering dan mudah terbakat. Belum diketahui siapa pelaku pembakar lahan tersebut,” katanya.

Baca Juga: 'Hilang' Sejak 1963, Tengok Apa yang Dialami Tentara Ini
Dua Alasan Kenapa Donald Trump Hobi Caci Maki

Susanto, Komandan Regu Pemadam Kebakaran Kotawaringin Timur, mengatakan bahwa dalam sepekan terakhir sedikitnya ada empat titik kebakaran lahan yang telah dipadamkan yaitu di jalan MT Haryono Barat, Jalan H.M Arsyad, ruas jalan lingkar selatan dan jalan Kapten Mulyono.

Lebih lanjut Susanto mengatakan, lahan yang terbakar pada umumnya semak belukar dan diduga memang dengan sengaja dibakar oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

Susanto mengimbau seluruh masyarakat agar turut menjaga lingkungannya masing-masing untuk terhindar dari kebakaran lahan dan tidak membuka lahan pertanian dengan cara membakar. (Mutia Rabbani Hanifah)

Video Trending Pilihan Redaksi:

Terkait:Ngetwitt Lagi, SBY Serang Penyebar 'Hoax' yang Kian Merajalela
Timses Anies-Sandi Tuding Hasil Survei Tak Bertanggung Jawab
Kapolda Metro Sebut Rizieq Akui Kebenaran Video Ceramah Palu Arit
Wantim MUI Gelar Rapat Pleno, Jokowi Batal Hadir
Waduh, Kota Palangkaraya Kembali Berasap
Gali Terowongan Rel Kereta api di London, Ini yang Ditemukan ...
Seniman Grafiti '281 Antinuke' Luncurkan Stiker Protes Trump
FOTO: Pasar Senen Diamuk Si Jago Merah
Deretan Tersangka Penyuap Patrialis Akbar
FOTO: Cerita di Balik Abyab Binsari, Gua Jepang di Pulau Biak

#Jakarta #kebakaran lahan #Kalimantan Tengah #Kotawaringin Timur

Berita Terkait

Ngetwitt Lagi, SBY Serang Penyebar 'Hoax' yang Kian Merajalela Ngetwitt Lagi, SBY Serang Penyebar 'Hoax' yang Kian Merajalela
Timses Anies-Sandi Tuding Hasil Survei Tak Bertanggung Jawab Timses Anies-Sandi Tuding Hasil Survei Tak Bertanggung Jawab
Survei Poltracking: Ahok Tetap Sandang Predikat Cagub Ter... Survei Poltracking: Ahok Tetap Sandang Predikat Cagub Ter...

#Jakarta #Kalimantan Tengah #kebakaran lahan #Kotawaringin Timur

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar