Awas! Hal Ini Dilarang Dilakukan Saat Kamu ke TPS

Petugas Komisi Pemilihan Umum mengamati layar monitor yang menampilkan informasi di laman situs www.uji-pilkada2017.kpu.go.id di ruang kontrol penghitungan suara di Gedung KPU, Jakarta, Rabu (18/1). KPU terus menguji coba aplikasi penghitungan suara hasil pemilihan umum khususnya untuk Pilkada serentak tahun ini. (ANTARA FOTO/Widodo S. Jusuf)

Arah -  Hari pencoblosan pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2017 makin dekat. Berbagai persiapan untuk pemilihan kepala daerah sudah dilakukan, baik oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) selaku penyelenggara, maupun para panitia penyelenggara di masyarakat.

Hari pemungutan suara Rabu (15/2), masyarakat yang telah masuk daftar pemilih dan memenuhi persyaratan, harus datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) untuk menyampaikan hak pilihnya. Meski demikian, ada hal-hal yang harus diperhatikan supaya Kamu tak melanggar aturan.

Baca Juga: Ahok Disidang Lagi, Jaksa Ajukan 4 Saksi
Jelang HUT Masjid Istiqlal, Pecinta Alam Bersih-bersih Istiqlal

Salah satu hal terlarang itu adalah mengenakan kostum atau atribut yang mengandung simbol-simbol pasangan calon peserta Pilkada. Anggota Bawaslu DKI Jakarta Muhammad Jufri mengatakan, simbol-simbol itu seperti nomor urut kandidat, foto kandidat, juga jargon-jargon politiknya.

"Pada hari pemungutan suara tidak boleh lagi ada simbol-simbol atau alat peraga kampanye di sekitar TPS. Apalagi di dalam TPS," katanya di Jakarta, Minggu (12/2).

Namun Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu) tak bisa melarang penggunaan pakaian yang dikesankan terafiliasi ke pasangan kandidat tertentu. "Seperti baju hitam yang identik dengan Agus-Sylvi atau kotak-kotak yang sering dikenakan Ahok-Djarot, demikian juga pakaian putih yang identik dengan Anies-Sandi."

Menurutnya, baju seperti itu banyak yang memakai. "Yang penting tidak ada simbol-simbol yang mengarah langsung pada kandidat," tegasnya. Namun Jufri juga tidak merinci, sanksi seperti apa yang dapat dijatuhkan, jika terjadi pelanggaran atas larangan tersebut.

Video Trending Pilihan Redaksi:

Terkait:Debat Akhir Pilkada DKI, ini Paslon yang Unggul di Medsos
Bila Terpilih, Ini Solusi Anies Memberdayakan Wanita Ibu Kota
Berantas Narkoba, Anies Bakal Aktifkan Lagi RW Siaga
Ini Kekhawatiran Bahaya Narkoba di Mata Agus-Sylvi
Ini Pesan SBY Kepada Agus di Debat Pamungkas Pilkada DKI Jakarta
Jelang HUT Masjid Istiqlal, Pecinta Alam Bersih-bersih Istiqlal
Seniman Grafiti '281 Antinuke' Luncurkan Stiker Protes Trump
FOTO: Jalan Hidup Agus dari Keluarga, Tentara, dan Pilkada
FOTO: Pasar Senen Diamuk Si Jago Merah
Deretan Tersangka Penyuap Patrialis Akbar

#Jakarta #pilkada dki #pilkada serentak #Pilkada Serentak 2017 #Pilgub DKI Jakarta #Pilkada DKI Jakarta 2017 #TPS #Quick Count #Hasil Quick Count #Hasil Quick Count DKI

Berita Terkait

Debat Akhir Pilkada DKI, ini Paslon yang Unggul di Medsos Debat Akhir Pilkada DKI, ini Paslon yang Unggul di Medsos
Bila Terpilih, Ini Solusi Anies Memberdayakan Wanita Ibu Kota Bila Terpilih, Ini Solusi Anies Memberdayakan Wanita Ibu Kota
Berantas Narkoba, Anies Bakal Aktifkan Lagi RW Siaga Berantas Narkoba, Anies Bakal Aktifkan Lagi RW Siaga

#Jakarta #Pilkada DKI Jakarta 2017 #Pilgub DKI Jakarta #Pilkada Serentak 2017 #pilkada serentak #Pilkada DKI #TPS #Hasil Quick Count DKI #Hasil Quick Count #Quick Count

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar