Sutradara Muda Ini Perkenalkan Budaya Minangkabau Lewat Film

Dua orang anak menampilkan kesenian "Silek" di halaman Balai Adat Nagari Kandang Baru, Sijunjung, Sumatera Barat, Jumat (17/2). ( ANTARAFOTO)

Arah -  Film berjudul "Silek dan Surau" akan hadir dengan mengangkat budaya lokal masyarakat Minangkabau Sumatera Barat tentang budaya pendidikan surau yang saat ini mulai jarang ditemui.

Sutradara Arif Malinmudo di Bukittinggi, Sabtu (18/2/2017), mengatakan di antara sekian banyak tema lokalitas yang ada di Sumbar ia lebih tertarik pada hal ini karena surau merupakan pusat interaksi bagi anak-anak dan orang dewasa dalam berbagi ilmu.

"Pertemuan antara Minang muda dan Minang tua itu kan di surau, jadi disana akan terjadi regenerasi bagi anak-anak yang akan menginjak dewasa," katanya.

Selanjutnya Arif menjelaskan pada zaman dahulu surau merupakan lembaga pendidikan informal yang di dalamnya terdapat berbagai macam pelajaran, seperti pendidikan soal agama, adat dan juga bela diri.

Setiap anak-anak dahulunya akan menginap di surau, di sana mereka akan berinteraksi sesama di bawah bimbingan guru yang kemudian akan membentuk karakter dan watak mereka.

Baca Juga: Rilis Album,Kunokini Kawinkan Musik Tradisional dengan Elektronik
Unik, Berlian Ini Terbuat dari Abu Mayat. Tertarik Memiliki?

"Di surau akan terjadi interaksi dan ini semacam sebuah tradisi yang turun temurun, sebab guru-guru tersebut dahulunya juga melalui masa yang sama dengan anak-anak tersebut," kata Arif.

Ia menambahkan surau sebenarnya merupakan saksi dari perkembangan generasi muda Minang, disana mereka akan memperoleh bekal untuk kehidupan, apakah selanjutnya mereka akan pergi merantau atau untuk tetap menetap di kampung.

"Hal-hal inilah yang membuat saya lebih tertarik untuk menjadikan surau dan silek sebagai grand tema dalam film ini," ujar dia. Salah seorang masyarakat, Ridha Fauza (23) mengatakan sangat tertarik untuk menonton film ini, karena temanya sangat lokalitas dan begitu dekat dengan kebiasaan masyarakat Minangkabau.

"Dari info yang beredar di akun instagramnya film ini akan rilis pada bulan April mendatang, saya menunggu waktu tersebut," jelasnya.

Terkait:Jelang Debat Cagub DKI, Ini yang Jadi Fokus Anies Baswedan
Pencoretan Merah Putih, Polisi Ringkus Seorang Terduga Pelaku
Rizieq Dilabeli Status Tersangka, Polri: Tinggal Nunggu Waktu!
Bertemu Kapolri, Henry Yosodiningrat Akan Lapor Habib Rizieq?
Terkait Dana Bansos, Mpok Sylvi Penuhi Panggilan Bareskrim Polri
Wow! Lego Bangun Rumah Raksasa di Kota Asalnya
FOTO: Patung Lilin Trump Pakai Rambut Manusia
Deretan Tersangka Penyuap Patrialis Akbar
FOTO: Cerita di Balik Abyab Binsari, Gua Jepang di Pulau Biak
SBY: Penyadapan Bentuk Kejahatan Serius

#Jakarta #Tradisi Budaya #Film Maker

Berita Terkait

Kawal Pemeriksaan Rizieq, FPI Siap Geruduk Mapolda Metro Jaya Kawal Pemeriksaan Rizieq, FPI Siap Geruduk Mapolda Metro Jaya
Perang Berlanjut, Sukmawati Ogah Tanggapi Ajakan Mediasi Rizieq Perang Berlanjut, Sukmawati Ogah Tanggapi Ajakan Mediasi Rizieq
Bantah Selewengkan Dana Bansos, Ini Penjelasan Mpok Sylvi Bantah Selewengkan Dana Bansos, Ini Penjelasan Mpok Sylvi

#Jakarta #Film Maker #Tradisi Budaya

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar