Wajib Bunting, 2000 Ekor Sapi di Bengkulu Siap Diasuransi

Ilustrasi Perternakan Sapi (Foto:Antara)

Arah -  Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Bengkulu targetkan 2.000 sapi indukan milik peternak setempat akan diasuransikan dalam program Asuransi Usaha Ternak Sapi (AUTS) guna antisipasi berbagai kerugian peternak.

"Saat ini baru ada 168 sapi indukan yang diikutkan program asuransi, tapi kami optimistis dalam tahun ini bisa mengasuransikan 2.000 sapi indukan," kata Kepala Bidang Pengembangan Usaha Peternakan Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Bengkulu Muhammad Iqbal di Bengkulu, Sabtu (17/2).

Menurut Iqbal, asuransi untuk peternak sapi itu diberikan karena usaha tersebut memiliki risiko seperti kasus pencurian, sapi sakit atau musibah.

Program yang diinisiasi Kementerian Pertanian itu sekaligus mendukung program Upaya Khusus Sapi Induk Wajib Bunting (Upsus Siwab) dalam upaya peningkatan populasi binatang tersebut dan ketersediaan daging sapi lokal.

Baca Juga: Petani Kerawang Rugi Ratusan Juta, Ini Sebabnya
Kalsel Mulai Budidaya Ikan Lewat Sistem Ini

Tak semua sapi bisa diasuransikan di program ini. Hanya sapi indukan yang berumur minimal 18 bulan dan maksimal 8 tahun yang bisa menerima asuransi. Adapun untuk anakan sapi dan sapi pejantan melalui asuransi mandiri.

Ia mengatakan, pemerintah memberi subsidi sebesar 80 persen untuk biaya asuransi. Besaran klaim asuransi maksimal Rp10 juta per polis asuransi.

"Satu polis asuransi hanya Rp200 ribu saja, lalu 80 persen biaya lainnya ditanggung pemerintah, jadi peternak hanya membayar Rp40 ribu per tahun, per sapi," jelasnya.

Asuransi Jasindo yang ada di Provinsi Bengkulu dipercayakan menjadi operator asuransi hewan ternak tersebut.

Sejak program asuransi untuk indukan sapi dijalankan pada Oktober 2016, telah tercatat 168 polis asuransi peternak di Kabupaten Kepahiang dan Kabupaten Bengkulu.

Terkait:Lepas Ternak di Jalan? Awas Nanti Kena Denda
Investor Siapkan Rp15 Triliun Bangun Rel Kereta Api di Bengkulu
Warga Temukan Ratusan Amunisi Aktif di Bak Sampah
Ajarkan Agama, Guru Mengaji di Daerah Ini Bakal Digaji Pemprov
1.500 Hektare Kebun Sawit 'Disulap' Menjadi Sawah Baru

#Sapi Lokal #Asuransi #Bengkulu #Hewan Ternak

Berita Terkait

Lepas Ternak di Jalan? Awas Nanti Kena Denda Lepas Ternak di Jalan? Awas Nanti Kena Denda
Investor Siapkan Rp15 Triliun Bangun Rel Kereta Api di Bengkulu Investor Siapkan Rp15 Triliun Bangun Rel Kereta Api di Bengkulu
Warga Temukan Ratusan Amunisi Aktif di Bak Sampah Warga Temukan Ratusan Amunisi Aktif di Bak Sampah

#Bengkulu #Asuransi #Bengkulu #Hewan Ternak #Sapi Lokal

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar