Resmikan Air Mancur Sri Baduga, Dedi Mulyadi Undang Menpar

Air mancur terbesar di Asia Tenggara, Air Mancur Sri Baduga kembali dibuka setelah direnovasi, Sabtu (18/2). (Foto: purwakartakab.go.id)

Arah - Menteri Pariwisata Arief Yahya meresmikan Air Mancur Taman Sri Baduga Purwakarta, Jawa Barat, Sabtu (18/2). Air mancur ini merupakan terbesar di Asia Tenggara ini menjadi ikon pariwisata Purwakarta yang dikenal dengan kota yang memiliki 1.000 taman.

Air Mancur Taman Sri Baduga yang berada di kawasan Situ Buleud ini menjadi destinasi favorit masyarakat, karena setiap malam minggu dimeriahkan dengan pertunjukan kesenian berupa drama tari, musik  antara lain kelompok Charly Van Houten,  Emka 9, dan Purwakancana Percution, serta tarian kolosal.

Bupati Purwakarta, Dedi Mulyadi mengatakan, Air Mancur Sri Baduga yang telah dibuka pada November 2016 lalu, direnovasi untuk perbaikan dan penyempurnaan. Hal ini dilakukan sehingga ruang publik dan salah satu objek wisata unggulan di Purwakarta ini semakin membuat nyaman pengunjungnya.

"Pembangunan tempat duduk penonton, kapasitasnya bisa menampung sampai 5000 orang," katanya Sabtu (18/2).

Sementara itu Menpar Arief Yahya mengapresiasi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purwakarta membuat taman yang indah lengkap dengan atraksi berupa air mancur dan pertunjukan kesenian. “Taman ini akan dioperasikan tiap malam minggu pada jam-jam pertunjukan pukul 19.30, 21.00 dan 22.00 WIB. Fasilitas ini dapat diknikmati oleh masyarakat secara  gratis. Ini tentu akan meningkatkan kualitas hidup serta kebahagian masyarakat,” kata Menpar Arief Yahya dalam siaran persnya.

Baca Juga: Direnovasi, Air Mancur Sri Baduga Segera Dibuka Kembali
Deretan Polisi Cantik Ini Bisa Kamu Temui di Car Free Day

Menpar Arief Yahya mengatakan, tujuan pariwisata adalah meningkatkan  kesejahteraan dan kualitas hidup masyarakat sehingga kehadiran Air Mancur Taman Sri Baduga Purwakarta ini sebagai upaya Pemkab Purwakarta untuk mewujudkan tujuan tersebut. Sisi lain air mancur ini, menurut Arief Yahya, sebagai atraksi   untuk menarik  kunjungan wisatawan.

Air Mancur Taman Sri Baduga  merupakan pengembangan dari Situ Buleud yang dibangun sejak 2013 dan mulai diresmikaan tahap pertama pada Januari 2014. Keberadaan Taman Sri Baduga ini melengkapi Purwakarta sebagai destinasi 1.000 taman dari yang  tradisional seperti Taman Pesanggrahan Padjajaran sampai dengan taman modern seperti Taman Wakuncar.

Air Mancur Taman Sri Baduga  diperindah dengan patung  Prabu Kian Santang, anak Prabu Siliwangi atau Sri Baduga. Patung itu dibuat dengan posisi duduk dan kaki bersila bersama bunga lotus besar.

Di sekeliling patung ada dua ribu semprotan air mancur yang menari mengikuti irama musik serta  ornamen pewayangan. Untuk menarik para pengunjung taman tersebut dilengkapi dengan  fasilitas  air siap minum serta boot untuk para penghobi berfoto selfie.

Video Trending Pilihan Redaksi:

Terkait:Direnovasi, Air Mancur Sri Baduga Segera Dibuka Kembali
Menpar Arief Yahya Blusukan ke Sibisa dan Danau Toba
Menpar Arief Yahya Launching Culinary & Shopping Fest. 2016
Market-?IND: Pariwisata Indonesia Harus Ranking 3 di Dunia
Menpar Amplifying Statemen Presiden Jokowi di Shanghai
'Siri Wale' Ritual Merawat Laut di Pulau Tomia
Sate Maranggi Menyatukan Dua Sosok yang 'Berbeda'
Berangsur Surut Banjir Bandung Selatan Tahun Ini Lebih Luas

#Arief Yahya #Menteri Pariwisata #Pariwisata #Bandung #Dedi Mulyadi #Purwakarta #Promosi Pariwisata Indonesia #Bupati Purwakarta #Wisata Air #Air Mancur Sri Baduga

Berita Terkait

Direnovasi, Air Mancur Sri Baduga Segera Dibuka Kembali Direnovasi, Air Mancur Sri Baduga Segera Dibuka Kembali
'Siri Wale' Ritual Merawat Laut di Pulau Tomia 'Siri Wale' Ritual Merawat Laut di Pulau Tomia
Sate Maranggi Menyatukan Dua Sosok yang 'Berbeda' Sate Maranggi Menyatukan Dua Sosok yang 'Berbeda'

#Bandung #Air Mancur Sri Baduga #Arief Yahya #Bupati Purwakarta #Dedi Mulyadi #Menteri Pariwisata #Pariwisata #Promosi Pariwisata Indonesia #Purwakarta #Wisata Air

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar