Inovatif! Warga Cirebon Bikin Lukisan Dari Pelepah Pisang

Lukisan dari pelepah pisang. (Foto: sarungpreneur.com)

Arah - Warga Kelurahan Kaliwadas, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, Endra menggunakan pelepah pisang untuk dibuat menjadi lukisan yang memiliki nilai jual tinggi.

"Awalnya saya ingin memberikan sesuatu kepada kekasih dan ingin berbeda dari yang lain, maka saya coba-coba melukis dengan pelepah pisang dan kekasih saya suka sama hasilnya," demikian diungkapkan Endra di Cirebon, Selasa (21/2).

Baca Juga: Ganti Kayu Bakar, Bisnis Kuliner Kudus Gunakan 'Biomassa'
Luar Biasa, Pontianak Kirim 37 Ton Buah Langsat Per Hari

Endra bercerita untuk membuat lukisan, dirinya hanya membutuhkan pelepah pisang, triplek dan lem. Membuatnya pun cukup mudah, pertama, pelepah pisang dikupas menjadi lembaran-lembaran, selanjutnya, dipotong-potong sesuai kebutuhan. Lebih lanjut, proses ini butuh ketelitian dan kejelian memilih warna dan ukuran, karena menentukan hasil akhir lukisan.

"Dibutuhkan ketelitian karena merangkai berdasarkan kontur warna di pelepah pisangnya dan langkah terakhir tinggal dipernis saja," imbuhnya lagi.

Ia menambahkan lukisannya sudah dikenal sebagian masyarakat di Cirebon, bahkan ia sering menerima pesanan dari Garut, Ciamis dan Bekasi.

Sementara itu, ia menjadikan media sosial untuk memasarkan lukisannya, terkait harganya sendiri bekisar anatara Rp200 ribu hingga jutaan rupiah, menyusul ukuran dan tingkat kesulitan membuat lukisan.

"Saya berharap, lukisan saya bisa lebih dikenal masyarakat dan juga bisa go internasional, ke depan saya bercita-cita membuat pameran lukisan saya sendiri," tandasnya.

Terkait:Kapolda Jabar Kunjungi Pesantren di Cirebon
Hujan Lebat, Tujuh Kecamatan di Cirebon Banjir
Kunjungi UMKM Bogor, Malaysia Umbar Kekaguman
Kapolda Jabar Inisiasi Pembentukan 'Polisi Santri'
Petani Bawang Mengeluh Terkena Hama
FOTO: Kisah Membatik Desa Trusmi

#Cirebon #Seni Kerajinan

Berita Terkait

Kapolda Jabar Kunjungi Pesantren di Cirebon Kapolda Jabar Kunjungi Pesantren di Cirebon
Hujan Lebat, Tujuh Kecamatan di Cirebon Banjir Hujan Lebat, Tujuh Kecamatan di Cirebon Banjir
Kunjungi UMKM Bogor, Malaysia Umbar Kekaguman Kunjungi UMKM Bogor, Malaysia Umbar Kekaguman

#Cirebon #Cirebon #Seni Kerajinan

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar