Tanpa Dokumen Resmi, Imigrasi Tahan Keberangkatan 18 TKI Ilegal

Ilustrasi. TKI tanpa dilengkapi dengan dokumen resmi. (ANTARA FOTO/M N Kanwa)

Arah - Petugas Direktorat Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia menolak pemberangkatan 18 calon Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang diduga tidak resmi pada Kamis (23/2).

"Diduga calon TKI itu menjadi korban penyelundupan dan perdagangan manusia," kata Kepala Bagian Humas Direktorat Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM Agung Sampurno melalui keterangan tertulis di Jakarta Jumat (24/2) seperti dilansir Antara.

Agung menyebutkan petugas Kantor Imigrasi (Kanim) Khusus Kelas I Bandara Internasional Soekarno-Hatta Tangerang Banten menolak keberangkatan 12 orang calon TKI. Sebanyak 12 calon TKI itu, yakni Ati Lasmawati, Masamah Rukian binti Dayumi Kalija, Siti Nur binti Nurdin Anwar, Enar Kanad Kiran, Sumirah binti Supadi Yatijo, Aminah, Tarpiah binti Ruslan Abdullah, Nuraini, Sumenah binti Mahsun Munaseh, Sapiah Sawal Muridah, Rohati binti Rifaah Haerudin dan Maryanah.

Baca Juga: Harga Cabai di Pasar Indramayu Masih Mahal
Belum 'Move On' PAN Masih Evaluasi Kekalahan Agus-Sylvi

Para calon TKI itu, berangkat melalui Bandara Internasional Soekarno-Hatta menggunakan pesawat Etihad Airways EY-471 pada Kamis (23/2) pukul 23.15 WIB.

Petugas Kanim Kota Mobago Sulawesi Utara membatalkan keberangkatan dua calon TKI yang diduga memalsukan data dan identitas sehingga dilimpahkan pihak kepolisian guna proses hukum. Petugas Kanim Batam mencegah keberangkatan empat calon TKI tidak sesuai prosedur dengan cara mengecoh dan memberikan keterangan tidak jelas kepada petugas Pelabuhan Batam Center.

Petugas Kantor Imigrasi Pontianak menolak lima calon TKI yang memohon paspor dan menolak keberangkatan enam calon TKI melalui Bandara Supadio. Kanim Bekasi menolak seorang WNI pemohon paspor dan Kanim Siak menolak empat pemohon paspor karena diduga akan menjadi TKI tidak resmi. Agung mengungkapkan Ditjen Imigrasi berkomitmen mencegah calon TKI tidak resmi guna menghindari penyelundupan dan perdagangan manusia.

Video Trending Pilihan Redaksi:

Berita Terkait

16 WNI yang Ditangkap Densus 88 Sempat Dideportasi Otoritas Turki 16 WNI yang Ditangkap Densus 88 Sempat Dideportasi Otoritas Turki
Sebut TKI Babu, Fahri Hamzah Dilaporkan ke DPR Sebut TKI Babu, Fahri Hamzah Dilaporkan ke DPR
Djarot Sebut Pedagang Pasar Senen Akan Direlokasi ke Blok V Senen Djarot Sebut Pedagang Pasar Senen Akan Direlokasi ke Blok V Senen

#Jakarta #Tenaga Kerja Indonesia (TKI) #TKI Ilegal #Kantor Imigrasi

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar