Astaga, Harga Bawang Merah Kembali Naik!

Petugas memasukkan bawang merah dalam kantong untuk dijual seharga Rp25 ribu per kilogram pada operasi pasar bawang merah di Palu, Sulawesi Tengah, Selasa (31/5). Badan Urusan Logistik (Bulog) setempat menambah stok bawang merahnya hingga mencapai 15 ton untuk memenuhi permitaan bawang merah yang demikian tinggi di operasi pasar karena harga di pasaran umum mencapai Rp 45 ribu per kilogram. (ANTARA FOTO/Basri Marzuki)

Arah -  Harga bawang merah di Pasar Manis, Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, naik dari Rp46.000 per kilogram menjadi Rp50.000 akibat pengaruh cuaca buruk.

"Setelah sempat bertahan dengan harga Rp46.000/kg selama beberapa hari, harga bawang merah naik menjadi Rp50.000/kg sejak kemarin (23/2)," kata salah seorang pedagang, Suryati, di Pasar Manis, Purwokerto, Jumat (24/2/2017).

Menurut dia, kenaikan harga bawang merah terjadi akibat cuaca buruk yang terjadi dalam beberapa hari terakhir di berbagai daerah, termasuk Brebes yang merupakan sentra penghasil komoditas itu.

Ia mengatakan banjir yang melanda Brebes beberapa waktu lalu juga berdampak pada pasokan bawang merah.

"Dalam pemberitaan, ada ratusan hektare tanaman bawang merah di Brebes yang terendam banjir," katanya.

Baca Juga: Harga Cabai di Pasar Indramayu Masih Mahal
Banjir Kepung 6.430 Hektar Tanaman Padi di Lampung

Dia menduga kenaikan harga bawang merah juga dipicu oleh kemacetan di jalur Tegal-Ajibarang akibat adanya proyek pembangunan jalan layang di tiga perlintasan kereta api yang berdampak pada pembengkakan biaya distribusi.

Salah seorang ibu rumah tangga, Yanti, mengharapkan pemerintah segera mengantisipasi kenaikan harga bawang merah agar tidak semakin melonjak seperti harga cabai rawit merah.

"Kalau tidak segera diantisipasi, saya khawatir harganya semakin tinggi. Saat ini saja, harga cabai merah masih sangat tinggi, disusul dengan kenaikan harga bawang merah, kasihanilah kami rakyat kecil," katanya.

Dari pantauan, harga cabai rawit merah di Pasar Manis masih bertahan di kisaran Rp120.000/kg.

Berita Terkait

Usut Korupsi Dana Bansos Pemprov DKI, Bareskrim Gandeng BPK Usut Korupsi Dana Bansos Pemprov DKI, Bareskrim Gandeng BPK
Perang Berlanjut, Sukmawati Ogah Tanggapi Ajakan Mediasi Rizieq Perang Berlanjut, Sukmawati Ogah Tanggapi Ajakan Mediasi Rizieq
550 Aparat Kepolisian Bantu Evakuasi Kebakaran Pasar Senen 550 Aparat Kepolisian Bantu Evakuasi Kebakaran Pasar Senen

#Jakarta #Pasar #bawang merah

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar