Sumatera Utara Optimis Jadi Tuan Rumah PON 2024

Ilustrasi: Sejumlah atlet mengikuti lomba renang nomor 200M Gaya Ganti Perorangan Putri di kolam Renang FPOK UPI Bandung pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX 2016, Jawa Barat, Rabu (14/9). Renang menjadi salah satu cabang olahraga yang memerebutkan 7 medali emas dari 75 medali yang digelar sebelum pembukaan PON XIX 2016 Jabar pada 17 September mendatang. (ANTARA FOTO/Agus Bebeng)

Arah -  Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sumatera Utara menyatakan optimistis daerah itu dapat terpilih sebagai tuan rumah penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI tahun 2024.

"Tentunya kita sangat optimistis bisa menjadi tuan rumah, apalagi sarana yang ada sudah hampir mencukupi," kata Ketua KONI Sumut, John Ismadi Lubis di Medan, Jumat, usai dilantik sebagai KONI Sumut periode 2017-2021.

Ia mengatakan, baru-baru ini dalam munaslub KONI pusat, salah satu poin yang dihasilkan adalah pada bidding (penawaran) untuk memiliki daerah yang akan menjadi tuan rumah PON hanya diikuti oleh KONI provinsi, sementara induk cabang olahraga tidak lagi diikutkan.

Artinya, upaya untuk meyakinkan daerah lain untuk menjatuhkan pilihan pada Sumut sebagai tuan rumah PON 2024 tidaklah terlalu sulit, dibandingkan dengan sebelumnya.

"Apalagi kita di Sumatera saja ada 10 provinsi, paling tidak kita hanya tinggal mencari dukungan dari tujuh daerah lagi," katanya.

Baca Juga: MU Pertimbangkan Pindah Kandang Musim Depan
Pemain Ajax Amsterdam Tak Ikut Seleksi Timnas? Ini Dia Alasannya



Apalagi, lanjut dia, jika Sumut menjadi tuan rumah PON bersama dengan Aceh, tentunya dukungan akan semakin banyak dan harapan menjadi tuan rumah even olahraga terakbar di Indonesia itu akan semakin terwujud.

Kalau Sumut dan Aceh ditunjuk sebagai tuan rumah bersama, tentu nanti hanya tinggal mengatur cabang-cabang mana saja yang dipertandingkan di kedua daerah itu, terlebih lagi transportasi antara kedua daerah itu sangat lancar.

"Jadi nanti hanya tinggal mengatur saja, mana cabang olahraga yang menjadi unggulan kita, digelar di Sumut, demikian juga mana yang menjadi andalan Aceh, digelar di sana," katanya.

Sementara Ketua Umum KONI Pusat, Tono Suratman dalam kesempatan itu mengatakan mendukung Sumut menjadi tuan rumah PON 2024 mendatang.

"PON 2024 mendatang, KONI Sumut akan menjadi tuan rumah PON ke 21. Saya pun ingin PON ke-21 di gelar di Sumut ini," ungkapnya.

Menurut dia, KONI dan pemerintah sudah mulai bekerja, dalam hal ini persoalan infrastruktur menjadi hal yang utama.

Namun, Tono menegaskan, persoalan infrastruktur tersebut, tidak mengharuskan dibangunnya sarana dan prasarana olahraga yang baru.

"Kami mohonkan kepada Gubernur, untuk mewujudkan 2024. Namun, pembangunan infrastruktur tidak harus membangun, tapi lebih baik memfokuskan pada mengembangkan apa yang sudah ada," katanya.

Video Trending Pilihan Redaksi:

Berita Terkait

Papua akan Jadi Tuan Rumah PON 2020 Papua akan Jadi Tuan Rumah PON 2020
170 Atlet Medan Perkuat Sumut di PON 170 Atlet Medan Perkuat Sumut di PON
Imbas Krisis Global, Nilai Impor Pupuk Terus Menurun Imbas Krisis Global, Nilai Impor Pupuk Terus Menurun

#Medan #Sumatera Utara #Pekan Olahraga PON 2016 #Pekan Olahraga Nasional #Medan

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar