Momen Jokowi Berpantun Usai Diberi Gelar Adat Kehormatan di Ambon

Presiden Joko Widodo (tengah) bersama Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita (kedua kanan), Seskab Pramono Anung (kanan), dan Juru Bicara Presiden Johan Budi (kedua kiri). (Foto: Antara) /Rosa Panggabean

Arah -  Hal menarik terjadi ketika presiden Joko Widodo (Jokowi) usai diberikan gelar adat kehormatan 'Upu Kalatia Kenalean Da Ntul Po Deyo Routnya Hnulho Maluku' dari rakyat Maluku karena dianggap sebagai pemimpin besar yang peduli pada kesejahteraan hidup masyarakat. Di tengah sambutan, Presiden Jokowi sempat membacakan sebuah pantun dalam bahasa lokal.

Lewat pantun tersebut, Presiden ketujuh menyampaikan bahwa walaupun terpisah dengan jarak yang cukup jauh, masyarakat Maluku akan tetap berada di hatinya.

"Panah gurita di ujung tanjong, cari bia di ujung meti. Biar tapisah gunung deng tanjong, orang Maluku selalu di hati," demikian pantun dibacakan yang langsung mengundang tepuk tangan hadirin.

Baca Juga: Akankah Presiden Jokowi Gubris Surat Terbuka Fadli Zon?
Dewan Adat Dayak Minta Pernikahan Titisan Nyi Roro Kidul Batal

Atas penganugerahan tersebut, Jokowi menyampaikan rasa terima kasihnya atas kepercayaan yang telah diberikan oleh rakyat Maluku.

"Saya merasa sangat terhormat dan mengucapkan terima kasih atas penganugerahan gelar adat kehormatan Maluku kepada saya. Saya memahami bahwa gelar ini disertai dengan tanggung jawab untuk memajukan Maluku, untuk menyejahterakan rakyat Maluku," ujar Presiden, seperti dilansir Antara.

Dalam sambutannya, sebagaimana disampaikan oleh Kepala Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden Bey Machmudin dalam keterangan tertulisnya, Presiden Jokowi menyatakan kebanggaannya pada kearifan lokal rakyat Maluku yang berbasis persaudaraan.

Jokowi sekaligus menyampaikan harapannya agar masyarakat Maluku dapat terus merawat keanekaragaman yang ada sambil terus mengupayakan keharmonisan. Setelah menerima anugerah gelar adat kehormatan, Presiden dan rombongan menunaikan shalat Jumat di Masjid Al Fattah Kota Ambon.

Video trending pilihan redaksi:

Berita Terkait

Ini Proyek Mangkrak di Ambon yang Ditinjau Jokowi Ini Proyek Mangkrak di Ambon yang Ditinjau Jokowi
Terbang ke Maluku, ini Agenda Presiden di Sana Terbang ke Maluku, ini Agenda Presiden di Sana
Hari Pers Nasional, Presiden Peringatkan Media 'Mainstream' Hari Pers Nasional, Presiden Peringatkan Media 'Mainstream'

#Ambon #Maluku #Presiden Jokowi

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar