Kepulauan Anambas, Surga yang Masih Terpenjara

Pulau Anambas kabupaten termuda dari Provinsi Kepulauan Riau. (Foto: Istimewa/ Juwita)

Arah -  Kepualuan Indonesia selalu menjadi primadona kalau bicara tentang wisata bahari. Salah satu tempat yang menakjubkan adalah kepulauan Anambas. Kepulauan ini merupakan kabupaten termuda dari Provinsi Kepulauan Riau yang didominasi oleh wilayah lautan, yakni 98,73 persen, sementara wilayah daratan hanya 1,27 persen.

Total pulaunya berjumlah 255 dari Pulau Tokong Malang Biru hingga Pulau Tokong Berlayar.

Dari jumlah itu hanya 26 pulau yang berpenghuni, sisanya 226 pulau belum terjamah oleh manusia yang menjadikan pulau tersebut benar-benar masih alami.

Sulitnya akses serta masih minimnya fasilitas dasar, seperti infrastruktur, air bersih, transportasi dan komunikasi menyebabkan pariwisata Kepulauan Anambas masih saja "tersembunyi" dan belum banyak dilirik.

Bupati Kepulauan Anambas Abdul Haris mengungkapkan bahwa kendala utama untuk memajukan sektor pariwisata, terletak pada infrastruktur transportasi.

"Yang menjadi kendala untuk menyiapkan pariwisata Anambas adalah infrastruktur transportasi karena aksesnya hanyalah udara dan laut," katanya.

Selain itu, di Kepulauan Anambas, sektor pendukung pariwisata belum dikembangkan secara masif, seperti perhotelan, kuliner, kerajinan tangan untuk oleh-oleh serta wisata budaya.

Baca Juga: Ternyata Keluarga Raja Sudah Jalan-jalan ke Tempat Ini...
Penerbangan Denpasar Delay Saat Kedatangan Raja Salman

Ia menambahkan, wisata ini ternyata masih di pegang oleh para pengembang asing. Sehingga, sulit bagi wisatawan domestik yang dari kalangan menengah untuk menikmtai keindahan alamnya.

Hal ini seharusnya menjadi perhatian pemerintah dalam memberikan kebijakan serta pengawasannya untuk lebih memberdayakan tenaga lokal dalam pengembangan pariwisata. Sehingga, masyarakat lokal tidak terpenjara di wilayahnya sendiri.

Selain itu, di Kepulauan Anambas, sektor pendukung pariwisata belum dikembangkan secara masif, seperti perhotelan, kuliner, kerajinan tangan untuk oleh-oleh serta wisata budaya.

Berita Terkait

Patrialis Akbar Ditangkap KPK, Ketua MK:Ya Allah Saya Mohon Ampun Patrialis Akbar Ditangkap KPK, Ketua MK:Ya Allah Saya Mohon Ampun
Djarot Tinjau Pasar Senen, ini Reaksi Tak Terduga Pedagang Djarot Tinjau Pasar Senen, ini Reaksi Tak Terduga Pedagang
Cium Aroma Adu Domba, Rizieq Sebut Umat Islam Difitnah Anti NKRI Cium Aroma Adu Domba, Rizieq Sebut Umat Islam Difitnah Anti NKRI

#Jakarta #Kepulauan Riau #wisata bahari

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar