Bikin Haru! Cerita Ayah Bikin Tangan Bionik Untuk Anak

Tangan bionik ciptaan Ben Ryan untuk anaknya Sol (Daily Post Wales)

Arah -  Orang tua mana yang tidak sedih begitu tahu anak yang baru lahir dalam kondisi tidak sempurna. Itu yang dirasakan Ben Ryan, pria asal Wales.

Ya, Ben harus rela tangan kiri anaknya -tepat di bawah siku-, Sol Ryan, diamputasi karena pengumpalan darah. Kejadian pada 5 Maret 2015 itu mungkin selalu diingat Ben dan Kate. Keduanya pulang ke rumah dengan kondisi sedih, dilansir The Sun, Jumat, (3/3).



Apalagi pihak Liverpool’s Alder Hey Children’s Hospital mengatakan baru bisa memberikan tangan palsu saat usia Sol satu tahun.

Yang lebih menyakitkan lagi adalah tangan palsu yang berikan rumah sakit hanya sekedar aksesoris. Artinya hanya berbentuk tangan tanpa memiliki fungsi memegang atau meraih barang.

Ben putar otak. Pria yang berprofesi sebagai dosen psikologi itu terobsesi menciptakan tangan palsu yang lebih 'canggih' dari yang ditawarkan rumah sakit.

Baca Juga: Jika Membaik, Nijam Bisa Pulang dan Ukur Pembuatan Tangan Palsu
Terlahir Tanpa Tangan, Remaja Ini Jago Main Piano
Hii.. Ngeri! Tangan Wanita Ini Nyaris Putus Digigit Aligator
Ini Artinya Kalau Kamu Punya Garis Tangan Seperti Ini



Dia pun akhirnya membuat tangan bionik untuk anak kesayangannya. Ben memutuskan berhenti dari pekerjaannya dan serius menggarap proyek untuk kebahagiaan putranya.

"Saya sama sekali tidak mengetahui ilmu Prostetik -ilmu yang mempelajari pembuatan alat untuk disabilitas-. Yang ada dipikiran saya adalah harus bisa menciptakan tangan palsu yang lebih bagus," kata Ben.

Ben akhirnya menciptakan tangan bionik. Bahan-bahan  elektroniknya dari pemindai Xbox dan bahan tangannya dari printer 3D.

Hasilnya sangat revolusioner. Tangan bionik untuk anaknya itu memiliki fungsi menggerakkan jempol, meremas, dan meraih sesuatu.



Produksi massal

Tangan bionik ciptaan Ben Ryan mendapat banyak pujian. Dia pun diajak kerjasama oleh perusahaan software Autodesk untuk menciptakan produk massal.

"Pekerjaan yang dilakukan Ben sangat ambisius dan inovatif. Sangat menakjubkan. Kini tangan yang ciptakannya bukan cuma bisa membahagiakan anaknya. Tapi juga anak-anak lain yang memiliki kondisi serupa," kata Paul Sohi, perwakilan dari Autodesk.

Kini Ben Ryan bisa bernafas lega. Selain bisa menciptakan anaknya, dia juga mendapatkan pekerjaan baru.

Ya, Ben mendapat pendanaan patungan sebesar 150 ribu Euro atau setara Rp2,1 miliar untuk membuat lengan bionik massal lewat perusahaan teknologi yang didirikannya bernama Ambionics.

Berita Terkait

Canggih, Bus Tanpa Sopir Mulai Diujicobakan di Paris Canggih, Bus Tanpa Sopir Mulai Diujicobakan di Paris
16 WNI yang Ditangkap Densus 88 Sempat Dideportasi Otoritas Turki 16 WNI yang Ditangkap Densus 88 Sempat Dideportasi Otoritas Turki
Stabilitas Negara Terganggu, PKS: Apa Benar karena Fatwa MUI? Stabilitas Negara Terganggu, PKS: Apa Benar karena Fatwa MUI?

#Jakarta #Teknologi Canggih #Teknologi Kesehatan #teknologi #Tangan Palsu

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar