Bahaya, Oknum Dosen UNM Bercanda Ada Bom di Tasnya

Sebuah pengumuman pelarangan penggunaan ponsel Samsung Galaxy Note 7 terpasang di konter maskapai Garuda Indonesia di Terminal 3 Ultimate Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Selasa (13/9). Maskapai Garuda Indonesia mensosialisasikan kepada penumpang mengenai larangan penumpang memakai atau mengisi baterai Samsung Galaxy Note 7 saat berada di dalam pesawat demi alasan keselamatan penerbangan. (Foto: Antara/Lucky R.)

Arah - Seorang oknum dosen Universitas Negeri Makassar (UNM) Dr Hisyam Ihsan (52) diamankan Petugas Aviation Security di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar. Ia diamankan karena bergurau kalau tasnya berisi bom.

Saat berada di dalam pesawat, pramugari yang bertugas merapikan barang bawaan para penumpang di kabin pesawat menanyakan isi tas dan pelaku menjawab dengan gurauan bom.

"Yang bergurau itu seorang oknum dosen di perguruan tinggi negeri karena sedikit kesal kemudian bergurau seperti itu," ujar Kabid Humas Polda Sulawesi Selatan Kombes Pol Dicky Sondani di Makassar, Jumat (3/3).

Baca Juga: Aher Ajak Warga Galakkan Salat Subuh Berjamaah di Masjid
Sidak ke RS di Jambi, Zumi Zola Ngamuk, Teriak dan Pukul Meja

Saat mengatakan gurauan tersebut, pelaku sedikit kesal karena barang bawaan yang diletakkan di 'headtrack' 29E telah penuh dengan barang bawaan penumpang lainnya. Namun, gurauan tersebut berujung pada pelaporan pramugari kepada pilot dan dilanjut berkoordinasi dengan petugas Avsec Bandara Hasanuddin agar barang tersebut diamankan.

Pelaku juga diperiksa dan diminta keterangan terkait gurauan tersebut. Setelah itu, dilakukan sterilisasi untuk memastikan pesawat itu tidak ada bom dan bisa melakukan penerbangan. Pesawat maskapai Garuda Indonesia Airlines (GIA) tersebut rencananya akan bertolak ke Jakarta.

Atas perintah pilot, barang bagasi dan kargo itu dikeluarkan dan diperiksa dengan menggunakan sinar 'X-ray loading dock` melalui pintu samping posko guna dilakukan pemeriksaan ulang. Sedangkan seluruh penumpang beserta barang tentengan dan barang bagasi diturunkan kembali untuk diperiksa di SCP transit.

Seperti yang dilansir Antara, pelaku diinterogasi dan diserahkan ke penyidik pegawai negeri sipil (PPNS). "Setelah semua dinyatakan aman dan steril dari bahan peledak, penerbangan dilanjutkan dan pelaku diamankan sementara di Polsek Bandara," ujarnya.

Berita Terkait

Melukis Bersama Masyarakat, F8 Usung Tema 'The Pride of Makassar' Melukis Bersama Masyarakat, F8 Usung Tema 'The Pride of Makassar'
Sulawesi Selatan Targetkan 376 BUMDes Pada 2017 Sulawesi Selatan Targetkan 376 BUMDes Pada 2017
Genjot Target Pertumbuhan Ekonomi, Sulsel Siap Gandeng Rusia Genjot Target Pertumbuhan Ekonomi, Sulsel Siap Gandeng Rusia

#Makassar #Makassar #pesawat garuda #teror bom #Universitas Negeri Makassar (UNM)

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar