Jelang Asian Games 2018, Renovasi GBK Capai 40 Persen

Pekerja menggarap pembangunan Stadion Gelora Bung Karno (GBK) di Senayan, Jakarta, Rabu (9/11). Selain meninjau pembangunan Stadion GBK, Kajati DKI juga meninjau wisma atlet yang dibangun untuk Asian Games 2018 di Kemayoran, Jakarta. Peninjauan itu dilakukan untuk memastikan pembangunan berjalan lancar dengan kualitas baik dan tepat waktu. (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)

Arah -  Renovasi sejumlah gelanggang olahraga di kawasan Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta, mencapai 40 persen menjelang penyelenggaraan Asian Games 2018.

"Sejumlah gelanggang yang mencapai 40 persen proses renovasinya adalah Stadion Istora dan Lapangan Sepak Bola A, B, dan C. Sedangkan gelanggang lain mencapai 30-35 persen," kata Direktur Pembangunan dan Pengembangan Usaha Pusat Pengelolaan Komplek GBK Gatot Tetuko, dalam kunjungan perwakilan komisi teknis Asia di Jakarta, Sabtu.

Gatot mengklaim pekerjaan renovasi gelanggang-gelanggang di kawasan GBK telah sesuai jadwal dan sejumlah gelanggang akan selesai pada Juni.

"Kami menambah sejumlah fasilitas di Stadion Utama seperti empat lift penumpang yang ada pada sisi barat dan timur stadion," kata Gatot.

Fasilitas lain, lanjut Gatot, adalah koneksi internet nirkabel (wifi) berkecepatan tinggi, sistem pengendali operasional stadion, hingga sistem pencahayaan yang lebih terang dibanding sebelumnya.

Baca Juga: Pelatih Persib Waspadai Dua Pemain PBFC Ini
Persib Gelar Launching Tim Bertepatan Pesta Ulang Tahun



Manajer Proyek Renovasi Stadion Utama GBK Wikrama Wardana mengatakan pekerjaan renovasi pada Stadion Utama mencapai 31 persen dengan pengerjaan pelapisan cat tribun dan pemasangan kursi tribun atas pada awal Maret.

"Pengerjaan pasir stadion akan selesai pada pertengahan Maret. Kami akan mulai menanam rumput lapangan pada akhir Maret," kata Wikrama.

Ia mengatakan pengerjaan lift penumpang pada Stadion Utama akan mulai pada 30 Mei dengan dua unit lift pada sisi timur dan dua unit pada sisi barat.

Sementara, perwakilan komisi teknis cabang Federasi Renang Asia Yuan Haroan mengaku puas dengan perkembangan renovasi stadion akuatik GBK.

"Kolam renang di sini lebih besar dibanding Asian Games 2014. Kami sangat memperhatikan kedalaman dan luas kolam selain pencahayaan dan fasilitas untuk atlet," kata Yuan.

Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PB Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI) Wisnu Wardhana mengatakan stadion akuatik GBK akan selesai pada Oktober dan akan dipakai dalam ajang uji coba pada akhir tahun.

"Kami masih berdiskusi dengan Federasi Renang Dunia (FINA) terkait penyelenggaraan kejuaraan internasional yang sesuai untuk uji coba stadion akuatik ini pada November hingga Januari," kata Wisnu.

Kegiatan kunjungan perwakilan komisi teknis Asia itu merupakan rangkai kegiatan rapat koordinasi Dewan Olimpiade Asia (OCA) di Jakarta dan Palembang pada Sabtu (4/3) hingga Senin (6/3).

Panitia Penyelenggara Asian Games (INASGOC) 2018 dan OCA juga akan menggelar rapat koordinasi ke-6 yang akan berlangsung di Palembang pada Minggu (5/3) dan Jakarta (6/3).

Video Trending Pilihan Redaksi:

Berita Terkait

Jelang Persiapan Asian Games 2018, Dispora DKI Temui Menpora Jelang Persiapan Asian Games 2018, Dispora DKI Temui Menpora
Jelang Asian Games 2018, OCA Minta Indonesia Atasi Kemacetan Jelang Asian Games 2018, OCA Minta Indonesia Atasi Kemacetan
Ahok Optimis LRT Rampung Sebelum Asian Games Ahok Optimis LRT Rampung Sebelum Asian Games

#Jakarta #Asian Games 2018 #Asian Games #Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK)

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar