Ridwan Kamil Gagas Tim Penanggulangan Teroris Tingkat RT RW

Walikota Bandung Ridwan Kamil menggelar Apel Pagi di SMA Negeri 6 Kota Bandung, Selasa (28/2/2017). Apel ini digelar untuk mengapresiasi siswa-siswa SMAN 6 yang membantu proses pengejaran pria yang pelaku bom. (arah.com/Ratih)

Arah - Setelah terjadinya teror bom panci di kantor Kelurahan Arjuna, Kecamatan Cicendo, Kota Bandung, Jawa Barat, Senin (27/2/2017) lalu, Walikota Bandung, Ridwan Kamil berupaya agar teror serupa tidak lagi terjadi.

Bahkan Ridwan Kamil berencana membentuk tim penanggulangan terorisme hingga tingkat yang paling bawah di warga Bandung.

"Kami ingin membantu kepolisian, rencananya Kota Bandung akan membentuk forum komunikasi penaggulangan terorisme tingkat RT RW. Kami sudah mendapat arahan strategis," ucap Ridwan di saat mengunjungi Mapolda Jabar, Bandung, Selasa (7/3/2017).

Rencana itu menurut pria yang akrab disapa Kang Emil ini, membuktikan bahwa menjaga keamanan hingga penanggulangan terorisme bisa dilakukan dengan kolaborasi antar pimpinan warga paling bawah hingga level paling atas.

Baca Juga: Bahaya, Oknum Dosen UNM Bercanda Ada Bom di Tasnya
Sempat Diungsikan, Polisi Cari Jejak Keluarga Pelaku Bom Bandung

"Sehingga para RT dan RW bisa mendeteksi dengan laporan dari interaksi warga, mana yang punya potensi tidak pernah bergaul (dengan sekitar), mencurigakan, dan lain-lainnya," tutur Emil.

Emil juga berharap jika berhasil dengan eksperimen sosial yang dibuatnya ini, seluruh Indonesia bisa menduplikasi agar menjawab bahwa Tanah Air ini bisa aman.

"Untuk menjawab negeri aman, karena warganya sangat peduli membantu dan partisipatif dalam membantu kepolisian," pungkasnya.

Sebelumnya diberitakan, pelaku bom panci yang melakukan aksinya pada pukul 08.00 WIB Senin (27/2/2017) pagi lalu. Pelaku sempat dikejar oleh siswa SMA dan warga sekitar hingga masuk ke kantor kelurahan Arjuna, yang mengakibatkan para pegawai kelurahan berhamburan keluar.

Teror itu akhirnya digagalkan oleh pihak kepolisian dengan menembak pelaku yang menyebabkan pelaku tewas dalam perjalanan menuju rumah sakit. (Ratih)

Video Trending Pilihan Redaksi:

Berita Terkait

Jalin Komunikasi dengan Partai, Ridwan Kamil Tak Mau 'GR' Jalin Komunikasi dengan Partai, Ridwan Kamil Tak Mau 'GR'
Kehilangan Uang, Ridwan Kamil Jalan Kaki Sepanjang Trotoar ini Kehilangan Uang, Ridwan Kamil Jalan Kaki Sepanjang Trotoar ini
Kini Sejarah Bandung Era Wiranatakusumah Bisa Digali di Sini Kini Sejarah Bandung Era Wiranatakusumah Bisa Digali di Sini

#Bandung #bom panci #Ridwan Kamil #Kang Emil #Walikota Bandung

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar