Jaringan Facebook Disusupi, Akun dan Password Dicuri

Ilustrasi media sosial Facebook. (Foter/Spencer E Holtaway)

Arah -  Hacker atau peretas diam-diam berhasil menyusup ke dalam jaringan internal Facebook, dan diketahui bersembunyi selama berbulan-bulan.

Penjahat siber itu baru diketahui keberadaannya di dalam jaringan internal Facebook setelah wira-wiri sejak Juli 2015, dan aktivitasnya terdeteksi pada Februari 2016.

Selama kurun waktu hampir setahun tersebut, para peretas diduga telah menyedot data-data penting dalam Facebook, termasuk daftar username dan password milik karyawan.

Keberadaan hacker diketahui pertama kali oleh seorang ahli keamanan Orange Tsai, yang bekerja untuk perusahaan berbasis Taiwan, Devcore.

Ketika itu, Tsai tengah melakukan "uji penetrasi" dalam jaringan korporasi Facebook, lalu ia menemukan malware yang sudah mencuri data-data kredensial login karyawan Facebook sejak lama.

Dia menyimpulkan, setidaknya ada satu-dua hacker yang bekerja di belakang malware tersebut dan sengaja mencuri data-data krusial karyawan untuk kepentingan yang belum bisa dilacak.

"Saat itu, saya menemukan beberapa file malware, yang sudah melakukan 300 login kredensial sejak 1 Februari hingga 7 Februari melalui @fb.com dan @facebook.com. Dan, itu bukan kali pertamanya," ungkap Tsai melalui laman Devco.re.

"Setelah saya sadar, saya kira itu merupakan insiden keamanan yang sangat serius."

Hingga berita ini disiarkan Mirror, Facebook masih enggan berkomentar soal insiden ini.

Berita Terkait

Ini Cara Facebook Kurasi Artikel di Linimasa Ini Cara Facebook Kurasi Artikel di Linimasa
7 Cara Jitu Promosikan Barang di Sosmed 7 Cara Jitu Promosikan Barang di Sosmed
Pengguna Tembus 414 Juta, LinkedIn Bangun Data Center di Asia Pengguna Tembus 414 Juta, LinkedIn Bangun Data Center di Asia

#Facebook #Kasus Peretasan #Peretas E-mail #Peretas (Hacker) #Jejaring Sosial #Sosial Media #Media Sosial

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar