Keren, Kolaborasi Gamelan dan Musik Rock Ini Bikin Salut

Band bergenre rock asal Yogyakarta, Jamphe Johnson bergandengan dengan Gamelan Mben Surup dari Komunitas Gayam16 (foto/istimewa)

Arah -  Eksistensi musik tradisional di era modern saat ini memang sulit ditemui. Namun, para generasi muda dari Yogyakarta mencoba membangkitkan kembali semangat tersebut dengan melakukan kolaborasi antara musik gamelan Jawa dan juga musik rock.

Band bergenre rock asal Yogyakarta, Jamphe Johnson bergandengan dengan Gamelan Mben Surup dari Komunitas Gayam16, bersama-sama menggaungkan kembali budaya asli Indonesia.

Trobosan baru dibidang musik ini pun diharapkan dapat membuat masyarakat kembali mencintai musik Indonesia.

“Tujuan utama kolaborasi ini yaitu menunjukkan bahwa gamelan bisa masuk di genre musik apa saja,” ujar koordinator Gamelan Mben Surup, Azis Rifkyanto (32).

Persiapan kolaborasi yang memakan waktu hingga 3 minggu tersebut, ternyata menghasilkan alunan musik yang luar biasa.

"Meskipun beraliran rock, ternyata Jamphe Johnson juga sangat mencintai gamelan sebagai musik warisan tradisi," ujar Abay personil Jamphe Johnson

Band yang beranggotakan Buluq (bass), Abay (gitar), Taphey (gitar), dan Mono (drum) ini merasakan tantangan tersendiri ketika mengkolaborasikan musik rock dengan gamelan, lantaran gamelan Jawa memiliki tangga nada yang berbeda dengan alat musik rock.

“Bentuk notasi yang berbeda, otomatis menambah susunan harmoni yang sangat rumit, Nah, penyelarasan dalam komposisinya adalah tantangan terbesar. Memainkan musik yang gak sama dengan musik yang sedang ‘in’ memang sulit, tapi menarik, musisi justru jadi lebih kreatif di titik ini,"ujarnya kembali

Baca Juga: Keren! Film Indonesia '#66' Tampil di Beijing
Mengapa Kopi Indonesia Layak Disebut Kopi Terbaik Dunia?

Grup band yang berdiri sejak tahun 2008 ini mengungkapkan bahwa mereka berusaha memasukkan unsur gamelan ke lagu Jamphe Johnson dalam rangka kembali menghidupkan gamelan sebagai musik asli Indonesia kepada para fansnya.

“Kebetulan ada teman-teman komunitas gamelan yang notabene anak muda, bikin kita makin greget buat kolaborasi,"jelas Abay

Sedangkan menurut Azis Rifkyanto, pria yang bergabung dengan Komunitas Gayam16 sejak tahun 2009 ini, tangga nada diatonis dari musik-musik modern akan lebih fleksibel menyesuaikan diri ke dalam tangga nada gamelan.

Lagu berjudul “Surga yang Bermasalah” dinilai tepat dimainkan bersama dalam sebuah kolaborasi. Lagu ciptaan Abay gitaris Jamphe Johnson. Lagu tersebut merupakan kritik terhadap warga Indonesia yang belum bisa menerima perbedaan.

Kiprah Gamelan Mben Surup yang merupakan bagian dari Komunitas Gayam 16 ini tidak dapat terlepas dari sosok seniman besar Yogyakarta Alm. Sapto Rahardjo.

Dalam keseharian, semua anggota Gamelan Mben Surup menjadikan Alm. Sapto Rahardjo sebagai tokoh inspiratif dan sauri teladan yang berjasa besar menghidupkan eksistensi gamelan di Indonesia.

Penasaran ingin melihat kolaborasi musik gamelan Jawa dan musik Rock? Ini Videonya

Berita Terkait

Tiru Kalsel, Sandiaga Janjikan Pasar Terapung di Kepulauan Seribu Tiru Kalsel, Sandiaga Janjikan Pasar Terapung di Kepulauan Seribu
Kapolda Metro Sebut Rizieq Akui Kebenaran Video Ceramah Palu Arit Kapolda Metro Sebut Rizieq Akui Kebenaran Video Ceramah Palu Arit
Kapolri Nilai Sikap Radikal Bisa Positif, Jika... Kapolri Nilai Sikap Radikal Bisa Positif, Jika...

#Jakarta #musik gamelan #Kolaborasi Musik #Musik/ Musisi Rock #Yogyakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar