Tunggu Pengesahan RUPS, Elia Massa Manik jadi Dirut Pertamina

Elia Massa Manik (tengah) ditunjuk pemerintah menjadi Dirut PT Pertamina (Persero). (Foto: ptpnix.co.id)

Arah -  PT Pertamina (Persero) akan menggelar Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) pada Kamis (16/3). Agenda utama RUPS tersebut adalah pemilihan Direktur Utama baru di perusahaan migas plat merah itu.

Setelah RUPS terdahulu mencopot Dwi Soetjipto dari jabatan Dirut dan Ahmad Bambang dari jabatan Wakil Direktur Utama, Pertamina kini dipimpin oleh Plt. Dirut yaitu Yenni Andayani.

Meski RUPS untuk memilih pejabat Dirut definitif baru akan digelar besok, namun hampir dipastikan posisi orang nomor satu di Pertamina akan diisi oleh Elia Massa Manik, yang saat ini menjabat Direktur Utama PT Perkebunan Nusantara (PTPN) III yang merupakan BUMN holding perkebunan.

Baca Juga: Dirut BRI Diisi 'Orang Lama', Gantikan Asmawi Syam
Manjakan Pelanggan, Layanan Hooq Bisa Diakses di IndiHome
Mengintip Aksi CEO Microsoft 'Blusukan' ke SMP Muhammadiyah

"Bos holding perkebunan itu (Elia Massa Manik) telah ditunjuk menjadi Dirut PT Pertamina," kata Reuters mengutip sebuah sumber terpercaya, Rabu (15/3).

Reuters menyebutkan, penunjukkan Elia dilakukan langsung oleh Presiden Joko Widodo pada Selasa (14/3) sore. Sebelum ditugasi memimpin PTPN III, Elia menjabat Dirut PT Elnusa Tbk, perusahaan jasa kontraktor Migas, yang juga merupakan anak perusahaan PT Pertamina.

Sebelum menjatuhkan pilihan pada Elia, ada 6 kandidat lain yang disorongkan kepada pemerintah untuk menjadi Dirut Pertamina. Mereka adalah Mantan Wadirut Pertamina Ahmad Bambang, Direktur Pertamina Rahmad Hardadi, dan Direktur Pertamina Syamsu Alam.

Sedangkan tiga kandidat lainnya dari luar Pertamina yaitu Wamen ESDM Arcandra Tahar, Dirut PLN Sofyan Basyir, serta Mantan Dirut Bank Mandiri yang kini menjadi Staf Menteri BUMN Budi Gunadi Sadikin.

Video Trending Pilihan Redaksi:

Berita Terkait

Ini Sosok Nakhoda Pertamina Pengganti Dwi Soetjipto Ini Sosok Nakhoda Pertamina Pengganti Dwi Soetjipto
Kejagung Naikkan Kasus Kapal Pertamina ke Penyidikan Kejagung Naikkan Kasus Kapal Pertamina ke Penyidikan
Pencoretan Merah Putih, Polisi Ringkus Seorang Terduga Pelaku Pencoretan Merah Putih, Polisi Ringkus Seorang Terduga Pelaku

#Jakarta #Direksi Pertamina #Pertamina #Elia Massa Manik #Direktur Utama #RUPS

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar