Alhamdulilah, Akan Ada Wisata Halal di Kota Ini

Dua orang anak menampilkan kesenian "Silek" di halaman Balai Adat Nagari Kandang Baru, Sijunjung, Sumatera Barat, Jumat (17/2). ( ANTARAFOTO)

Arah -  Pemerintah Provinsi Sumatera Barat mempersiapkan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang Wisata Halal untuk memperjelas kebijakan tentang pengembangan pariwisata daerah itu.

Sumbar yang sebelumnya mendapatkan dua penghargaan atau World Halal Tourism Awards masing-masing World's Best Halal Destination, World's Best Halal Culinary pada 2016 itu masih menunggu konsep sebagai landasan hukum agar arah kebijakan bidang pariwisata nanti akan lebih terarah.

"Sedang kita siapkan. Menunggu konsep wisata halal yang segera dirumuskan oleh tim yang ditunjuk," kata Kepala Dinas Pariwisata Sumbar, Oni Yulfian di Padang, Rabu.

Seperti yang dilansir Antara, ia mengatakan, dalam perda tersebut akan dijelaskan konsep pariwisata halal yang dikembangkan itu seperti apa. Bagaimana sarana pendukung seperti sertifikasi untuk restoran,  hotel atau sarana lainnya dari Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Baca Juga: Keren! Film Indonesia '#66' Tampil di Beijing
Megawati Yakin Ahok-Djarot Menang di Putaran Kedua, Asal...
Curhat! Mega: Waktu Itu Ga Pilih Saya Sih, Nangis Sendiri Deh

Ia juga menambahkan, Konsep pariwisata halal itu harus melibatkan berbagai pihak seperti MUI, tokoh adat, budayawan, dan masyarakat.

Terkait Perda tersebut, Sumbar dapat studi banding dengan Nusa Tenggara Barat (NTB) yang saat ini satu-satunya provinsi di Indonesia yang memiliki Perda Wisata Halal.

Ketua Komisi V DPRD Sumbar, Hidayat mengungkapkan bahwa dengan adanya landasan yang kuat, pelaku pariwisata dapat mengambil sikap dan tidak terkesan berjalan bebas.



Berita Terkait

Djarot Tinjau Pasar Senen, ini Reaksi Tak Terduga Pedagang Djarot Tinjau Pasar Senen, ini Reaksi Tak Terduga Pedagang
Kapolda Metro Sebut Saksi Kasus Palu Arit Rizieq Sudah Cukup Kapolda Metro Sebut Saksi Kasus Palu Arit Rizieq Sudah Cukup
Bantah Selewengkan Dana Bansos, Ini Penjelasan Mpok Sylvi Bantah Selewengkan Dana Bansos, Ini Penjelasan Mpok Sylvi

#Jakarta #Peraturan Daerah (Perda) #wisata halal #Wisata Sumatera Barat

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar