Jadi Dirut Pertamina, ini Karier Cemerlang Elia Massa Manik

Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Elia Massa Manik. (Foto: perpamsi.or.id)

Arah -  Pertamina akan memiliki Direktur Utama baru yang akan disahkan melalui Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) perusahaan itu pada Kamis (16/3).

RUPS terdahulu mencopot dua pucuk pimpinan perusahaan Migas plat merah itu, yakni Direktur Utama Dwi Soetjipto dan Wakil Direktur Utama Ahmad Bambang. Pertamina kini dipimpin Yenni Andayani sebagai Plt. Dirut.

Mengutip Reuters, Presiden Joko Widodo pada Selasa (14/3) sore telah menunjuk Elia Massa Manik sebagai Direktur Utama yang baru untuk memimpin Pertamina. "Bos holding perkebunan itu (Elia Massa Manik) telah ditunjuk menjadi Dirut PT Pertamina," kata Reuters mengutip sebuah sumber terpercaya, Rabu (15/3).

Baca Juga: Dirut BRI Diisi 'Orang Lama', Gantikan Asmawi Syam
Manjakan Pelanggan, Layanan Hooq Bisa Diakses di IndiHome
Setop Ngecas Ponsel di Laptop, Ini Bahaya yang Harus Kamu Tahu
Tunggu Pengesahan RUPS, Elia Masa Manik jadi Dirut Pertamina

 

Elia saat ini memang masih menduduki posisi sebagai Direktur Utama PT Perkebunan Nusantara (PTPN) III yang merupakan holding BUMN bidang perkebunan. Di bawah kepemimpinannya, direksi perusahaan perkebunan dipangkas hanya menjadi 3 orang saja, sehingga menjadi efisien.

Industri Migas sendiri, bukan bidang yang sama sekali baru buat Elia. Sebelumnya, dia menjabat Direktur Utama PT Elnusa Tbk, perusahaan jasa konstruksi Migas yang juga merupakan anak perusahaan Pertamina.

Tiga tahun memimpin Elnusa, Elia sukses memoles kinerja keuangan perusahaan itu. Dari semula perusahaan merugi Rp42,8 miliar pada 2011, berbalik membukukan laba Rp123,6 miliar setahun kemudian.

Di akhir masa jabatannya di Elnusa, Elia meninggalkan perusahaan dengan catatan laba Rp178,2 miliar pada semester I tahun 2014.

Kepemimpinan Elia di korporasi terasah dari perusahaan satu ke perusahaan lain. Dia mengawali karier di Indofood Sukses Makmur, kemudian berpindah-pindah ke Suez Group, Kiani Kertas, Jababeka, dan PT Kertas Basuki Rachmat, sebelum akhirnya memimpin Elnusa.

Berita Terkait

Tunggu Pengesahan RUPS, Elia Massa Manik jadi Dirut Pertamina Tunggu Pengesahan RUPS, Elia Massa Manik jadi Dirut Pertamina
Ini Sosok Nakhoda Pertamina Pengganti Dwi Soetjipto Ini Sosok Nakhoda Pertamina Pengganti Dwi Soetjipto
Hakim MK Adakan Pertemuan, Bahas OTT Patrialis? Hakim MK Adakan Pertemuan, Bahas OTT Patrialis?

#Jakarta #Elia Massa Manik #Direktur Utama #Pertamina #RUPS

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar