Soal NU dan Gus Dur di Mata KH. Hasyim Muzadi

Pengasuh Ponpes Al Hikam Malang, KH. A. Hasyim Muzadi (kanan) dalam sebuah diskusi tentang sosok Gus Dur dan keislamannya. Diskusi berlangsung di Ponpes Al Hikam pada Desember 2016. (Foto: alhikam.ac.id)

Arah -  Mantan Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH. A. Hasyim Muzadi berpulang pada Kamis (16/3) pagi. Sosok Kyai Hasyim dikenal sebagai ulama moderat.

Sebagai tokoh NU, kiprahnya di dunia dakwah tak hanya dikenal di Indonesia, tapi juga di mancanegara. Sebagai pimpinan NU, pengasuh Pondok Pesantren Al Hikam ini dikenal dekat dengan KH. Abdurrahman Wahid alias Gus Dur.

"Pertama kali saya ketemu Gus Dur tahun 1979 di Muktamar NU Semarang, saat itu merupakan Muktamar yang ke-26," kisahnya dalam sebuah diskusi tentang sosok Gus Dur, beberapa waktu silam.

Menurut Kyai Hasyim, dirinya lebih dulu masuk ke struktur kepengurusan NU dibandingkan Gus Dur yang merupakan cucu pendiri NU, KH. Hasyim Asyhari. 

Baca Juga: Inna Lillahi... KH. A. Hasyim Muzadi Berpulang
Pernah Jadi Cawapres, Kiprah Hasyim Muzadi Berliku
Awas! Jangan Asal Gunakan Kata 'Almarhum' Buat yang Meninggal

 

"Ketika itu (Muktamar NU tahun 1979) Gus Dur belum masuk di pengurus NU sedangkan saya sudah mewakili utusan NU Cabang Malang. Didalam muktamar ke-26 Itu Gus Dur diangkat menjadi wakil katib PBNU," ujarnya.

Sejak itu, lanjut Hasyim, Gus Dur makin sering ke Jawa Timur yang merupakan basis potensi NU. "Karena Gus Dur juga mengajar Islamologi di Yayasan Kristen GKJW (Gereja Kristen Jawi Wetan) yang berlokasi di Sukun Kota Malang."

Baca Juga:

Djarot Janji 'Bawa' Nama Pendiri NU dan Muhammadiyah ke JakartaAnies Silaturahmi ke PBNU, Said Aqil: Kita Ga Bisa DukungAyeman Juwana, Bocah 6 Tahun Penghafal Al Quran

Perkenalan itu terus berlanjut, hingga Hasyim intensif mendampingi Gus Dur selama 20 tahun yaitu pada rentang 1979-1999. Selanjutnya Gus Dur lebih sibuk mengurus PKB, partai yang didirikannya, hingga menjadi Presiden.

Sementara KH. Hasyim Muzadi terpilih menjadi Ketua Umum PBNU pada Mukatamar ke-30 PBNU di Lirboyo, Kediri.

Video Trending Pilihan Redaksi:

Berita Terkait

Pernah Jadi Cawapres, Kiprah Hasyim Muzadi Berliku Pernah Jadi Cawapres, Kiprah Hasyim Muzadi Berliku
Ini Alasan Hasyim Muzadi Dimakamkan di Pesantren Al Hikam II Ini Alasan Hasyim Muzadi Dimakamkan di Pesantren Al Hikam II
KH. Hasyim Muzadi Akan Dimakamkan di Depok KH. Hasyim Muzadi Akan Dimakamkan di Depok

#Jakarta #Hasyim Muzadi Meninggal #KH A. Hasyim Muzadi #Ketua Umum PBNU #Nahdlatul Ulama (NU) #Gus Dur #Abdurrahman Wahid (Gus Dur)

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar