Masa Larangan Keluar Negeri 2 Saksi Korupsi E-KTP Diperpanjang

Jubir KPK Febri Diansyah ketika ditemui awak media di Gedung KPK, Kamis (23/2). (Foto: Arah.com/ Harry Muthahhari)

Arah -  Jelang habisnya masa surat pencegahan keluar negeri oleh KPK terhadap para saksi pengadaan proyek e-KTP, KPK berniat akan memperpanjang kembali, demi kebutuhan persidangan selajutnya. Sebagaimana yang disampaikan Jubir KPK, Febri Diansyah.

"Kami akan pertimbangakan apakah pencegahan keluar negeri ini akan diperpanjang diajukan lagi selama 6 bulan kedepan misalnya, kami akan pertimbangkan dari aspek kebutuhan," ujar Febri di gedung KPK, Jakarta Selatan.

Baca Juga: Ada Dukungan untuk Ahok, Keluarga Cendana 'Main' Dua Kaki?
Serem! Lagi Asik Main, Bocah Ini Ditusuk Orang Gila
Gamawan Bongkar Aktor yang Alihkan Dana E-KTP dengan APBN
Djarot Pilih Melayat ke KH Hasyim Muzadi Ketimbang Temui Relawan

Terkait dikeluarkannya surat pencegahan tersebut, lanjut Febri menjelaskan hal itu ditujukan berdasarkan kebutuhan keterangan saksi terkait proses pengadilan dalam waktu dekat.

"Saksi saksi tersebut sangat dibutuhkan dalam waktu dekat dalam rentang waktu enam bulan tersebut tentu saja, agar penyidik tidak kesulitan, karena jika yang bersangkutan pergi keluar negri dan kita tidak tahu jadwal kembalinya kapan, maka kita melakukan pencegahan," ujar pria mantan aktivis tersebut.

Selanjutnya menurut dia KPK tidak memberlakukan pencegahan keluar negeri terhadap semua saksi, hanya saksi yang dibutuhkan dalam waktu dekat saja yang diberlakukan peraturan tersebut.

"Tidak semua saksi kita cegah namun saksi saksi yang perannya penting saja, karena memang keterangannya sangat dibutuhkan oleh KPK dan untuk memudahkan proses penyidikan," ungkapnya.

Andi Agustinus (Pemenang Tender e-KTP) dan Diah Anggraeni (Mantan Sekjen Mendagri) merupakan saksi kasus pengadaan proyek e-KTP yang tidak diperbolehkan untuk berpergian ke luar negeri, namun surat pencegahan keduanya akan habis masa berlakunya pada tanggal 28 Maret 2017. (Dini Afrianti)

Video Trending Pilihan Redaksi:

Berita Terkait

Setnov Kenalkan Andi Narogong Sebagai Adiknya ke Komisi II DPR Setnov Kenalkan Andi Narogong Sebagai Adiknya ke Komisi II DPR
Terkait Korupsi E-KTP, KPK Cekal Lima Orang Terkait Korupsi E-KTP, KPK Cekal Lima Orang
Didesak Mundur karena Kasus E-KTP, Ini Jawaban Ketua KPK Didesak Mundur karena Kasus E-KTP, Ini Jawaban Ketua KPK

#Jakarta #korupsi ektp #Sidang Korupsi e-KTP #Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK)

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar