Tak Semua WNI Harus Deposit Rp25 Juta saat Bikin Paspor

Paspor Republik Indonesia

Arah -  Perbincangan di media sosial sedang diramaikan dengan aturan baru keimigrasian, terkait syarat pembuatan paspor.

Aturan itu mengharuskan pemohon paspor, mempunyai deposit tabungan sedikitnya Rp25 juta. Hal itu ditunjukkan melalui rekening koran, yang dibawa saat membuat paspor.

Sejumlah kalangan masyarakat mengaku keberatan dengan aturan baru tersebut, yang mulai berlaku sejak awal 2017. Namun ternyata, tak semua pemohon paspor terkena aturan tersebut.

Baca Juga: Banjir di Kabupaten Bandung, Lalin Bandung-Garut Macet 1,5 KM
Dicalonkan Nasdem jadi Cagub, Siapa Cawagub Ridwan Kamil?
Banyak 'Bolongnya', Pakar Hukum Bedah Dakwaan Kasus E-KTP

 

Dirjen Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM, Ronny F. Sompie mengatakan, syarat itu hanya bagi WNI yang berpotensi menjadi TKI tapi tak terdaftar di BNP2TKI ataupun Dinas Tenaga Kerja setempat.

“Tujuan aturan itu untuk menekan tindak pidana perdagangan orang (TPPO) di negara tujuan para WNI,” jelasnya kepada wartawan, Minggu (19/3). Dengan menjadi TKI tanpa prosedur, makin menyulitkan pemerintah untuk memberikan perlindungan saat terjadi TPPO atau tindak pidana lainnya.

Baca Juga:

Ada Kecelakaan, Anies Lolos dari MautIni Alasan Anak Tergila-gila Permainan Maut Skip Challenge

Simpanan Rp25 juta, lanjutnya, perkiraan besaran biaya minimal yang dibutuhkan seseorang untuk wisata atau ziarah ke luar negeri. Menurutnya, cukup banyak modus menjadi TKI dengan alasan wisata atau ziarah.

Sejak aturan itu diberlakukan, Ditjen Imigrasi telah menolak 1.387 permohonan pembuatan paspor. Alasannya karena pemohon dicurigai akan menjadi TKI tanpa melalui prosedur di BNP2TKI dan Dinas Tenaga Kerja.

Berita Terkait

16 WNI yang Ditangkap Densus 88 Sempat Dideportasi Otoritas Turki 16 WNI yang Ditangkap Densus 88 Sempat Dideportasi Otoritas Turki
Hasil Survei: Elektabiltas Ahok-Djarot Melambung Pasca Debat Hasil Survei: Elektabiltas Ahok-Djarot Melambung Pasca Debat
Ngadu Nasib ke Rumah Lembang, Pasukan Orange Gagal Temui Ahok Ngadu Nasib ke Rumah Lembang, Pasukan Orange Gagal Temui Ahok

#Jakarta #paspor #Dirjen Imigrasi Ronny F. Sompie #Kantor Imigrasi #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar