Agum Gumelar: Partai Cari Kader Jangan Hanya Popularitas Saja

Agum Gumelar/pssi.com

Arah -  Ketua Ikatan Keluarga Alumni Lemhannas (IKAL) Agum Gumelar menginginkan partai-partai politik tidak merekrut kader-kader hanya berdasarkan popularitas. Menurutnya, itu adalah kelemahan parpol saat ini.

Hal tersebut ia katakan dalam sambutannya dalam Focus Group Discussion (FGD) bertajuk "Memilih Pemimpin Bangsa Melalui Penataan Sistem Pemilu", di Jalan Patra Kuningan VIII, Kuningan, Senin (20/3). FGD ini terselenggara untuk merespon pembahasan RUU Penyelenggaraan Pemilu yang tengah jadi pembahasan di DPR.

Parpol, kata Agum, menjadi salah satu unsur penting yang layak jadi bahan diskusi terkait hal tersebut. Selain itu, Komisi Pemilihan Umum, dan rakyat yang memilih juga perlu jadi pertimbangan.

"Sampai saat ini masih banyak kelemahan-kelemahan dalam rekrutmen. Parpol terlalu mengutamakan partai untuk memenangkan pilkada. Mestinya lebih dewasa. Selain memenangkan pilkada, parpol harus bertanggung jawab dengan kadernya. Kader-kadernya harus bermanfaat. Jangan yang dicari yang katakanlah populis (orang yang populer). Ini titik kelemahan parpol," kata Agum.

Baca Juga: Rancaekek Terendam, ini Sosok Polisi 'Anti-Banjir'
Insiden Lift Jatuh, Pemprov DKI:Harus Ada Pendidikan Penguna Lift

RUU Penyelenggaraan Pemilu, kata Agum, juga harus memastikan bahwa KPU menerapkan sistem pemilu sesuai undang-undang yang mencerminkan demokrasi.

"KPU harus menjalankan pemilu sesuai dengan undang-undang yang berlaku. Kita bisa memperbaiki sitem pemilu yang bisa bermanfaat untuk masyarakat banyak. Sistem pemilunya harus mencerminkan demokrasi," ujar Agum.

Lebih dari itu, ia juga meminta para peserta yang hadir dalam FGD turut mengedukasi masyarakat agar saling menghargai pilihan politik orang lain.

"Rakyat harus menghormati keputusan orang lain dalam memilih. Saling menghormati. Jangan karena ada perbedaan pilihan, setelah pemilu istri dicerai, misalnya," tandasnya, diiringi tawa dari peserta diskusi. (May Rahmadi)

Berita Terkait

KPK Diminta Tuntaskan Kasus Suap Emirsyah, Jika Tidak... KPK Diminta Tuntaskan Kasus Suap Emirsyah, Jika Tidak...
Terkait Dana Bansos, Mpok Sylvi Penuhi Panggilan Bareskrim Polri Terkait Dana Bansos, Mpok Sylvi Penuhi Panggilan Bareskrim Polri
Djarot Tinjau Pasar Senen, ini Reaksi Tak Terduga Pedagang Djarot Tinjau Pasar Senen, ini Reaksi Tak Terduga Pedagang

#Jakarta #Agum Gumelar #Rapat Partai #Etika Parpol #partai

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar