KH Ali Mustafa Yaqub Pernah Minta Ditangkap Polisi

Mantan Imam Besar Masjid Istiqlal, Ali Mustafa Ya'qub (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)

Arah -  Saat menjabat Imam Besar Masjid Istiqlal, tugas KH Ali Mustafa Yaqub sangat beragam. Mulai dari menyangkut ibadah dan hari-hari besar Islam yang terkait dengan protokol kenegaraan, termasuk menerima tamu negara yang berkunjung ke Masjid Istiqlal. Tugas itu ada kalanya membuat Ali kerepotan, apalagi jarak dari rumahnya di kawasan Ciputat, Tangerang Selatan, ke Masjid Istiqlal di Jakarta Pusat terbilang jauh.

Dalam sebuah kesempatan, Kyai kelahiran Batang, Jawa Tengah itu harus menerima kunjungan Kepala Negara, Yang Dipertuan Agong dari Malaysia. Untuk acara yang dijadwalkan Pkl. 09.00 WIB, Ali berangkat dari rumahnya sekitar Pkl. 07.00 WIB, dengan perhitungan 2 jam perjalanan seharusnya sudah tiba di Istiqlal.

Namun saat itu arus lalu lintas sangat macet. "Bahkan sejak kawasan Pasar Jumat, nggak jauh dari rumah saya sudah macet," katanya seperti dituturkan dalam program 'Satu Jam Lebih Dekat' di tvOne, September 2015. Ali pun meminta bantuan untuk pengawalan ke polisi yang sedang bertugas di kawasan itu. Namun permintaan tak bisa dipenuhi, karena polisi tersebut tak mungkin meninggalkan pos tugasnya.

"Saya akhirnya sampai di Jl. Sudirman dan terpaksa masuk jalur busway, karena kalau tidak pasti terlambat. Saya pikir, kalau ditangkap Polisi malah itu harapan saya. Biar sekalian minta dikawal untuk menembus kemacetan sampai ke Istiqlal," tuturnya disambut gelak penonton di studio. Dibalik sikap tegas dan suara lantangnya, KH Ali Mustafa Yaqub merupakan sosok yang ramah dan ada saatnya membagi kisah-kisah lucu. Kini Pimpinan Pondok Pesantren Darussunnah tersebut telah tiada, kembali menghadap Illahi.

Berita Terkait

Bikin Terhenyak! Ini Cuitan KH Ali Mustafa Yaqub Sebelum Wafat Bikin Terhenyak! Ini Cuitan KH Ali Mustafa Yaqub Sebelum Wafat
Ali Mustafa, Imam Besar Pemandu Pemimpin Dunia Ali Mustafa, Imam Besar Pemandu Pemimpin Dunia
Google Fasilitasi UKM Indonesia untuk Beriklan Google Fasilitasi UKM Indonesia untuk Beriklan

#Ali Mustafa Yaqub #Imam Besar Masjid Istiqlal #Istiqlal #Ulama #Kyai #arah #arah.com

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar