Heboh Mobil Jokowi Mogok,Ini Mobil Kepresidenan dari Masa ke Masa

Mobil Kepresidenan Joko Widodo/ Google

Arah -   Baru-baru ini perjalanan dinas Presiden Joko Widodo ke Kalimantan Barat mengalami gangguan kecil yakni mogoknya mobil kepresidenan yang ia tumpangi dalam perjalanan menuju Desa Jungkat, Kabupaten Mempawah, untuk meresmikan fasilitas pembangkit listrik 8 Mobile Power Plant.

Mobil Mercedes-Benz S600 Guard keluaran 2007 yang dibawa dari Jakarta tersebut rupanya kendaraan kepresidenan yang sudah dibeli sejak masa pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Jokowi bukan satu-satunya Presiden RI yang melanjutkan penggunaan kendaraan kepresidenan dari era kepresidenan pendahulunya, sebab hal serupa juga pernah dirasakan oleh Presiden RI ketiga BJ Habibie, Presiden RI keempat Abdurrahman Wahid dan Presiden RI kelima Megawati Soekarnoputri.

Berikut adalah mobil kepresidenan dari masa ke masa yang berhasil dihimpun ANTARA News dari berbagai sumber:

Era Sukarno
Mobil pertama yang didapuk sebagai mobil kepresidenan usai Sang Proklamator resmi menjabat sebagai Presiden RI adalah Buick-8 Limited Edition keluaran 1939, yang memiliki mesin 8 silinder dengan kapasitas 5.247 cc.



Unit yang digunakan Presiden Sukarno merupakan satu dari 1.451 unit yang diproduksi pada 1939 dan sebetulnya tak dibeli melainkan dimintakan oleh Ketua Barisan Banteng, Sudiro, kepada pemiliknya agar berkenan mempersembahkannya untuk dijadikan mobil dinas kepresidenan dan disemati nomor polisi Rep-1.

Selain Buick-8 Limited Edition, Sukarno juga pernah menggunakan sejumlah mobil lain sebagai kendaraan dinas kepresidenan yakni Cadillac 75, Mercedes-Benz 600, GAZ 13, Zil 111, Lincoln Cosmopolitan dan Chrysler Imperial.

Sementara mobil ZIL 111, keluaran pabrikan Uni Soviet Zavod Imeni Likhacheva tahun 1958 dan merupakan limousine yang dihadiahkan oleh Uni Soviet untuk Sukarno.

Mobil itu dibesut mesin 6.0L ZiL-111 V8 yang mampu menghasilkan tenaga puncak setara 200 tenaga kuda (hp) dengan dua tingkat percepatan transmisi otomatis serta memiliki kecepatan maksimal 170 km per jam.

Sejumlah mobil kepresidenan era Sukarno kini kerap menghiasi pameran-pameran mobil klasik di Indonesia.

Berita Terkait

Disebut Pinjam Mobil Kepresidenan, SBY 'Curhat' ke Mantan Menteri Disebut Pinjam Mobil Kepresidenan, SBY 'Curhat' ke Mantan Menteri
Merdunya Suara Rizieq Saat Nyanyi Bersama Para Presiden Indonesia Merdunya Suara Rizieq Saat Nyanyi Bersama Para Presiden Indonesia
Soal Mobil,Partai Demokrat: Istana Membuat SBY Dimaki di Medsos Soal Mobil,Partai Demokrat: Istana Membuat SBY Dimaki di Medsos

#Jakarta #Megawati Soekarnoputri #BJ Habibie #Gus Dur #Mobil Kepresidenan Mogok #Mobil Kepresidenan #Mantan Presiden Soeharto #presiden joko widodo #Susilo Bambang Yudhoyono

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar