Ini Penjelasan Istana Soal Polemik Mobil Kepresidenan

Mobil Kepresidenan Joko Widodo/ Google

Arah -  Kepala Sekretariat Presiden Darmansyah Djumala menjelaskan penyediaan kendaraan bagi para mantan presiden maupun mantan wakil presiden.

"Mulai dari Pak Habibie, Gus Dur, Ibu Megawati, ke Pak Tri Sutrisno, Pak Boediono kita punya daftarnya diberikan bantuan mobil dan supir, jenis (Toyota) Camry," kata Darmansyah ditemui di Kantor Kasetpres, Jakarta pada Rabu.

Dia menjelaskan bahwa di dalam Undang-Undang Nomor 7 tahun 1978 tentang Hak Keuangan/Administratif Presiden dan Wakil Presiden Serta Bekas Presiden dan Bekas Wakil Presiden Republik Indonesia memang tertulis pemberian untuk bekas Presiden dan bekas Wakil Presiden yaitu rumah kediaman dan penyediaan kendaraan milik negara beserta pengemudinya.

Sebelumnya, mantan presiden dan mantan wapres disediakan bantuan kendaraan sedan Toyota Camry 2.4 atau 3.0 tahun 2005 atau 2007, ujar Darmansyah.

Namun, selain penggunaan sedan Camry oleh sejumlah mantan presiden dan wapres, Darmansyah mengatakan mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menggunakan kendaraan milik negara jenis Mercedes Benz tipe S600.

Mobil Mercedes Benz S600 dengan klasifikasi kepresidenan tersebut, menurut Darmansyah mulai dipakai SBY sejak akhir 2014.

"Baru tadi pagi menjelang siang, mobil kepresidenan yang dipinjam itu sudah dikembalikan dan kita terima secara resmi dengan berita acara yang mana sebelumnya tidak ada surat-suratan," jelas Darmansyah.

Mobil Mercedes Benz S600 tersebut akan menjalani "tune up" dan servis untuk memenuhi standar mobil kepresidenan.

Menurut Darmansyah Sekretariat Negara siap mengirimkan Camry kepada mantan Presiden SBY jika beliau berkenan.

Pihak Setpres belum menawarkan penggunaan Camry kepada Yudhoyono karena Mercedes Benz S600 masih berada di SBY.

"Sebelumnya memang ada komunikasi antara Paspampres dengan staf beliau. Direalisasikan baru tadi pagi," ujar Darmansyah dikutip antara.

Baca Juga: Ketemu Djarot, Ini Permintaan Khusus Gus Solah
Korut Akui Tak Gentar Hadapi Saksi Finansial Internasional

Sementara itu, SBY dalam keterangan tertulis menjelaskan Mercedes Benz S600 yang digunakan selama tujuh tahun olehnya pada 2014 diantar dan diserahkan ke kediaman Yudhoyono.

Menurut dia mobil yang saat ini berusia 10 tahun tersebut kini mudah mengalami gangguan meski jarang digunakan oleh dia.

Presiden ke-6 RI itu mengaku terakhir memakai kendaraan tersebut pada September 2016.

Yudhoyono berencana menyerahkan kendaraan tersebut kepada negara, namun harus menjalani rangkaian perbaikan yang selesai dua pekan lalu.

Pengurusan proses pengembalian Mercedes Benz S600 dilakukan pada dua hari lalu oleh Paspampres.

Berita Terkait

Heboh Mobil Jokowi Mogok,Ini Mobil Kepresidenan dari Masa ke Masa Heboh Mobil Jokowi Mogok,Ini Mobil Kepresidenan dari Masa ke Masa
Diam-Diam SBY Temui Jokowi Siang Ini di Istana Diam-Diam SBY Temui Jokowi Siang Ini di Istana
Disebut Pinjam Mobil Kepresidenan, SBY 'Curhat' ke Mantan Menteri Disebut Pinjam Mobil Kepresidenan, SBY 'Curhat' ke Mantan Menteri

#Jakarta #Mobil Kepresidenan Mogok #Mobil Kepresidenan #Susilo Bambang Yudhoyono #Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (Preside #presiden joko widodo

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar