Ini Yang Membedakan Surat Suara Pilkada DKI Putaran Kedua

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta Sumarno. (Foto: Arah.com/ M Ridwan)

Arah - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta Sumarno mengatakan bahwa terdapat perubahan pada surat suara Pilkada DKI Jakarta putaran kedua. Perubahan itu terlihat dari ukuran dan terdapat tulisan ‘Putaran Kedua’ pada lembar muka surat suara.

"Ukurannya lebih kecil, terdapat kata-kata putaran kedua pada muka surat suara," katanya di gedung percetakan PT Gramedia Group, Lippo Cikarang, Jawa Barat, Kamis (23/3).

Menurut Sumarno, pada lembar surat suara tersebut selain ukurannya lebih kecil juga terdapat microteks untuk pengamanan dan hanya KPU DKI yang dapat mengecek mictoteks tersebut. Adapun dia menambahkan, pada lembar surat suara putaran kedua, nomor urut pasangan calon tidak berubah sama seperti Pilkada DKI putaran pertama.

"Terdapat microteks untuk pengamanan agar tidak terjadi sesuatu yang tidak diinginkan dan nomor urut tetap sama seperti sebelumnya," ucap Sumarno.

Baca Juga: Sederet Kisah 'Penjelajah Waktu' yang Sempat Bikin Geger Dunia
Saksi Kunci Sebut Keterangan di BAP untuk Menyenangkan Penyidik

Lebih lanjut Sumarno mengatakan, bahwa pencetakan surat suara tersebut diperkirakan selesai pada (29/3) mendatang. Dan, akan langsung melewati proses pengecekan KPU DKI untuk dilihat kelayakan surat suara tersebut.

Lebih lanjut, kata dia, pada Pilkada DKI putaran kedua bilik suara akan ditambah karena melihat sudah banyak bilik suara yang tidak layak untuk dipakai.

Dapat diketahui, anggaran jumlah surat suara perlembar seharga Rp71, surat suara tersebut dicetak oleh PT Gramedia Group Lippo Cikarang, Jawa Barat. Surat suara tersebut dicetak berdasarkan Daftar Pemilih Sementara berjumlah 7.264.749, biaya yang dikeluarkan oleh KPU DKI berkisar Rp500 juta. (Muhamad Ridwan)

Berita Terkait

Djarot Pakai Peci di Surat Suara Pilkada DKI, Anies Sindir Ahok Djarot Pakai Peci di Surat Suara Pilkada DKI, Anies Sindir Ahok
Kampanye Pilkada DKI 2017, Sandiaga Ogah Minta Sumbangan ke Warga Kampanye Pilkada DKI 2017, Sandiaga Ogah Minta Sumbangan ke Warga
Program Enterpreneur Sandiaga Bidik Sektor Produk Kecantikan Program Enterpreneur Sandiaga Bidik Sektor Produk Kecantikan

#Jakarta #KPU DKI Jakarta #Hasil Pilkada DKI #Hasil Quick Count DKI #Pilkada DKI Jakarta 2017

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar