Bangga, Bahasa Indonesia Dipelajari Sekolah Inggris

Ilustrasi anak belajar bahasa asing. (Shutterstock)

Arah -  Bahasa Indonesia merupakan identitas bangsa Indonesia. Tentu menjadi kebanggaan bila identitas bangsa dipelajari oleh masyarakat dunia.

Kali ini bahasa Indonesia akan dipelajari oleh negara sekaliber Inggris. Siapa yang tidak tahu Inggris negara maju dengan bahasanya yang menjadi bahasa Internasional dan dipelajari oleh seluruh negara di dunia. Tentu Indonesia pun mempunyai impian yang sama.

Kedutaan Besar Indonesia di London mulai memperkenalkan bahasa Indonesia kepada kalangan masyarakat Inggris melalui sekolah seiring semakin meningkatnya keinginan warga Inggris belajar bahasa Indonesia.

Pada pertengahan kuartal musim panas 2017, akan diundang dua guru bahasa Indonesia dari tanah air bekerja sama dengan Pusat Pengembangan Strategi dan Diplomasi Kebahasaan (PPSDK), Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, di Jakarta.

Baca Juga: Bertemu dengan Melinda Gates, Ini yang Dibahas Jokowi
Gates Foundation Nilai Strategi Keuangan Jokowi Luar Biasa

"Kita tentu bersyukur melihat adanya minat masyarakat Inggris belajar bahasa Indonesia selama ini. Guru yang disediakan mengambil dari pelajar Indonesia yang punya kemampuan mengajarkan Bahasa Indonesia sebagai bahasa asing," ujar Atase Pendidikan dan Kebudayaan (Atdikbud) di KBRI London, Aminudin Aziz, seperti dikutip Antara, Kamis (23/3).

Saat ini sudah dua sekolah yang menjadikan bahasa Indonesia sebagai mata pelajaran di sekolahnya yaitu Whitefield School di Barat Laut kota London yang akan mengajarkan bahasa Indonesia di tingkat sekolah menengah.

Sedangkan St Matthew's CE Primary School untuk tingkat sekolah dasar. Keduanya bersedia menerima mengajarkan bahasa Indonesia karena melihat Indonesia sebagai negara memiliki keragaman budaya yang unik.

Dua sekolah bersedia mengajarkan bahasa Indonesia karena merasa bahwa negara Indonesia adalah negara yang besar dengan budayanya yang unik.

"Kami ketahui bahwa Indonesia adalah negara besar, banyak penduduknya, dan budayanya unik," ujar Kepala sekolah di Whitefield Elisabeth Rymer

Bahasa Indonesia memang cukup dianggap di negara Inggris dengan dijadikannya bahasa Indonesia mata uji tingkat nasional, yang disebut IGCSE (International Graduate Certificate of Secondary Education), sejenis Ujian Nasional di Indonesia. Bahasa Indonesia diujikan dibawah koordinasi Cambridge International Test.

Agar kualitas pengajaran Indonesia tak mengecewakan, pihak PPSDK Emi Emilia mengatakan bahwa guru yang dikirim akan diseleksi secara ketat dan mendapatkan pelatihan khusus adri tim PPSDK.

"Kami menyiapkannya secara serius dengan harapan mereka dapat melaksanakan tugasnya dengan baik. Sebab, ini adalah bagian dari wajah negara kita", ujar Emi.

Hal itu dikarenakan guru yang dikirim bukan hanya mengajar bahasa Indonesia, namun juga akan mengajarkan budaya dan keterampilan tangan masyarakat Indonesia.

Apabila program ini berhasil, maka bukan tidak mungkin banyak sekolah lain di Inggris akan mengikuti menjadikan bahasa Indonesia sebagai mata pelajaran di sekolahnya.




Berita Terkait

Hakim MK Adakan Pertemuan, Bahas OTT Patrialis? Hakim MK Adakan Pertemuan, Bahas OTT Patrialis?
Kapolda Metro Sebut Saksi Kasus Palu Arit Rizieq Sudah Cukup Kapolda Metro Sebut Saksi Kasus Palu Arit Rizieq Sudah Cukup
'London Book Fair' Pamerkan Buku Sastra Indonesia ke Dunia 'London Book Fair' Pamerkan Buku Sastra Indonesia ke Dunia

#Jakarta #Bahasa Indonesia #London

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar