Pilgub Jabar 2018 Disebutkan Rentan Konflik

Pengamat Politik, Asep Warlan Yusuf saat mengahadiri jumpa pers Indo Barometer mengenai 'Permasalahan Jawa Barat dan Peluang Pilgub Jabar 2018', Kamis (23/3). (Foto: Arah.com/ Ratih Prastika)

Arah - Pengamat Politik Asep Warlan Yusuf berharap pelaksanaan pesta demokrasi di Jawa Barat 2018 mendatang bukan hanya dimaknai sebagai peristiwa politik semata.

Lebih dari itu lanjut Asep, Pilgub Jabar juga harus menjadi peristiwa budaya dan akademik. Hal tersebut diungkapkan saat jumpa pers Indo Barometer mengenai 'Permasalahan Jawa Barat dan Peluang Pilgub Jabar 2018'.

"Jangan dimaknai hanya peristiwa politik tapi juga peristiwa budaya, yang aman, damai, penuh keadaban, maka perlu aktor diluar politik yang harus melakukannya, juga bukan semata politik dan budaya tapi juga akademik, karena ada hal substantif, dimana visi misi harus tinggi nilainya," ujarnya di Hotel Savoy Homann, Kamis (23/3).

Ia juga mengingatkan agar para aktor politik dapat menjaga kondusifitas menuju Pilgub Jabar.  Salah satunya dengan tidak menyulut konflik dalam kondisi Jabar yang terbilang damai. Karena Jawa Barat termasuk wilayah yang rentan terjadi konflik.

Baca Juga: KPUD Anggarkan 500 Juta untuk Cetak Surat Suara Pilkada DKI
Gates Foundation Nilai Strategi Keuangan Jokowi Luar Biasa

"Jangan (Jabar) dicabik-cabik dengan isu Pilkada, biasanya kalau ada yang dominan, lawan politiknya menyerang dengan masalah untuk manas-manasin konflik itu, nah itu yang bahaya," katanya.

Guru Besar Universitas Parahyangan itu juga menambahkan, bila di Pilkada DKI Jakarta potensi konflik di Agama, Etnis, penggusuran kawasan padat penduduk, di Jawa Barat berpotensi meluas bila sengaja disulut. "Jawa Barat bisa disulut penggusuran juga (permasalahan) di desa, sawah, bisa pabrik, bisa macem-macem jadi hemat saya itu potensi konflik sangat beragam harus di peta kan betul jangan diperbesar," imbuhnya.

Ia berharap Jawa Barat dapat bersama melawan siapapun yang berupaya menyulut konflik, "Kita ingin melawan pihak-pihak yang berusaha merusak Pilkada mudah-mudahan tidak ada," tandasnya. (Ratih Prastika)

Video Trending Pilihan Redaksi:

Berita Terkait

NU Anggap Dedi Mulyadi Layak Ikut Pilgub Jabar, Ini Alasannya NU Anggap Dedi Mulyadi Layak Ikut Pilgub Jabar, Ini Alasannya
PKS Siapkan 5 Pasang Kandidat di Pilgub Jabar PKS Siapkan 5 Pasang Kandidat di Pilgub Jabar
Nasdem Usung Ridwan Kamil Jadi Cagub Jabar, Gerindra Tak Kecewa Nasdem Usung Ridwan Kamil Jadi Cagub Jabar, Gerindra Tak Kecewa

#Jakarta #Pilkada Serentak 2018 #Pilgub Jabar 2018 #konflik

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar