Inspiratif, Susi Pudjiastuti Dikenal 'Nyentrik' dan Pemberani

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti (foto/instagram)

Arah -  Susi Pudjiastuti memang menjadi salah satu Menteri yang terbilang sangat berbeda dari Menteri lain, baik dari era kepemimpinan Soekarno hingga Joko Widodo.

Sosok Wanita kelahiran Pangandaran ini seakan mempunyai jiwa yang sangat berani. Dimasa kecilnya ia termasuk orang yang cukup vokal mengeluarkan aspirasinya.

Bahkan pendidikannya hanya sampai bangku Sekolah Menengah Pertama (SMP). Seputus sekolah, Susi menjual perhiasannya dan mengumpulkan modal Rp750.000 untuk menjadi pengepul ikan di Pangandaran pada tahun 1983.

Bisnis pengolahan ikannya meluas hingga ke pasar Asia dan Amerika. Susi pun memerlukan sarana transportasi udara yang dapat dengan cepat mengangkut produk hasil lautnya dalam keadaan masih segar.

Baca Juga: Lukman Hakim Ikuti Jejak Sang Ayah Jadi Menteri Agama
Dunia Jurnalis Membawa'Meutya Hafid' Hijrah ke Politik
Kiprah 'Zidane' Pemain Bola Muslim Bikin Kagum Dunia

Pada 2004, Susi memutuskan membeli sebuah Cessna Caravan seharga Rp20 miliar menggunakan pinjaman bank. Pesawat tersebut digunakan untuk mengangkut lobster dan ikan segar tangkapan nelayan di berbagai pantai di Indonesia ke pasar Jakarta dan Jepang.

Bisnisnya berkembang pesat, wanita kelahiran 15 Januari 1965 itu akhirnya dilirik oleh Presiden Joko Widodo. Pada 26 Oktober 2014 ia resmi dilantik menjadi Menteri Kelautan dan Perikanan.

Kinerjanya mulai menjadi sorotan dan pujian saat keberaniannya mengeluarkan kebijakan untuk menenggelamkan dan membakar kapal pencuri ikan atau illegal fishing diperairan Indonesia.

Ya, itulah sejumlah prestasi Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti yang khas dengan gaya nyentriknya, dan semoga dapat menjadi inspiratif bagi wanita di Indonesia.

Video Trending Pilihan Redaksi

Berita Terkait

Menag: Waspada Sisi Negatif Zaman Globalisasi Menag: Waspada Sisi Negatif Zaman Globalisasi
Donald Trump Suarakan Islam Radikal, Indonesia Tak Perlu Tersudut Donald Trump Suarakan Islam Radikal, Indonesia Tak Perlu Tersudut
Bantah Selewengkan Dana Bansos, Ini Penjelasan Mpok Sylvi Bantah Selewengkan Dana Bansos, Ini Penjelasan Mpok Sylvi

#Jakarta #Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar