Bayi Gajah Betina Lahir di Taman Nasional Way Kambas

Gajah di kehidupan alam liar (Foter/Wayne Dilger)

Arah -  Satu bayi gajah sumatera (Elephas maximus sumatrensis) lahir di Elephant Respons Unit atau ERU Tegalyoso Taman Nasional Way Kambas, di Kabupaten Lampung Timur, Provinsi Lampung, Senin (27/3).

Sebelumnya, pada minggu lalu (20/3), ada satu bayi gajah betina yang lahir di ERU Tegalyoso Way Kambas.

"Hari ini kembali lahir satu bayi gajah dengan jenis kelamin jantan dari induknya Dona, pukul 01.15 WIB," kata Subakir, Kepala Balai Taman Nasional Way Kambas (TNWK).

Dia menyebutkan bayi gajah jantan itu memiliki berat badan 89 kg dan dilahirkan dalam kondisi sehat. "Kondisi bayi gajah ini sehat, begitu juga induknya," ujarnya.

Ia menyatakan dengan kelahiran dua bayi gajah awal 2017 ini, berarti menambah populasi gajah di Taman Nasional Way Kambas.

Sebelumnya pada 2016 lalu, juga telah lahir dua bayi gajah betina yang diberi nama Fitria dari induknya Suli, dan Disti dari induknya Dita.

Baca Juga: Subhanallah, Gadis Muslimah Lelehkan Hati Backpacker Belanda
Terkuak! Jokowi Pingin Jadi penggebuk Drum Band Metal
Dituding Hina Ulama, Inul Daratista Dilaporkan ke Polisi
Memilih Pemimpin di Pilkada DKI, Djarot Sebut soal Agama

Wildlife Conservation Socities Indonesia menyebutkan populasi gajah liar di hutan TNWK, Provinsi Lampung saat ini hanya tersisa 247 ekor, dikutip Antara.

Jumlah itu kemungkinan kurang dari perkiraan, menyusul marak perburuan gajah liar untuk diambil gading dan giginya oleh para pemburu liar.

Hasil survei WCS tahun 2002, terdapat 220 gajah liar di hutan TNWK. Jumlah ini meningkat lebih banyak pada tahun berikutnya. Hasil survei di tahun 2010 disebutkan populasinya berjumlah 247 gajah.

Menurut WCS, jumlah gajah saat ini mungkin saja berkurang dari sebelumnya, mengingat marak perburuan gajah di dalam hutan konservasi taman nasional ini.

WCS pun mengkhawatirkan penurunan populasi gajah liar ini bagi masa depan pelestariannya, terutama keberlangsungan ekosistem di sekitarnya dan bagi ilmu pengetahuan jika gajah di Sumatera ini tidak dijaga bersama-sama.

Video Trending Pilihan Redaksi:

Berita Terkait

Langsung Orasi Usai Diperiksa, Gema Takbir Iringi Habib Rizieq Langsung Orasi Usai Diperiksa, Gema Takbir Iringi Habib Rizieq
Donald Trump Suarakan Islam Radikal, Indonesia Tak Perlu Tersudut Donald Trump Suarakan Islam Radikal, Indonesia Tak Perlu Tersudut
550 Aparat Kepolisian Bantu Evakuasi Kebakaran Pasar Senen 550 Aparat Kepolisian Bantu Evakuasi Kebakaran Pasar Senen

#Jakarta #Gajah #Gajah Sumatera #Kelahiran Anak Gajah #Taman Nasional Way Kambas

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar